Kamis, 23 April 2015

membuat frameset html(tugas sekolah)

Assalamualaikum teman-teman seperjuangan di Indonesia ^_^ ,tutorial yang saya buat kal ini adalah tugas saat saya duduk di bangku smk, tepatnya di SMK NEGERI 4 KOTA TANGERANG, kali ini saya ingin flashback ke jaman saya dikasih tugas. Dan ini adalah tugasnya:
saat ini tugas yang diberikan membuat homepage sederhana bangeeeet menggunakan frameset. Sebelumnya saya akan memberi tahu kepada teman-taman yang belum mengetahui tentang frameset itu apa? Jadi frame itu adalah teknik yang digunakan untuk membagi window menjadi beberapa bagian. Setiap bagian kita isi dengan sebuah halaman web yang sesuai. Keuntungan dari penggunaan frame adalah mudahnya pengaturan hubungan angtar satu halaman lainnya.

Frame dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, antara lain:

1. Membuat suatu daftar isi pada suatu sisi frame, sedangkan sisi frame yang lain menampilkan isinya
2. Membuat suatu judul atau logo yang tidak berubah-ubah pada suatu sisi frame, sedangkan sisi frame yang lain menampilkan isi dokumen
3. Membuat suatu dokumen tanya jawab, dll.


Selanjutnya langsung aja ya, yang harus kita siapkan:

  1. Laptop/komputer yang paling utama ya guys
  2. Sudah terinstal : xampp, browser, text editor dll
  3. Cemilan kalo perlu hhihih
Oke kita mulai ……………………………………. ^_^



Langkah 1 :
Pertama kita buat folder di htdocs yang bernama ”frame” didalam folder kita buat file pertama bernama “banner.html” yang isinya bisa teman-teman ketik sendiri ya. Lihat gambar dibawah ini :




Langkah 2 :
Langsung teman teman ketik lagi nih



Kasih nama “menu.html” ya guys
Langkah 3 :
Bagian isi yaitu bagian yang bisa merubah halaman menjadi jendela web yang diinginkan, langsung ketik ya, lalu simpan dengan nama “isi.html”


Langkah 4 :
Bagian yang paling utama nih guys, soalnya kalo gak ada file ini bagian-bagian yang diatas gak mungkin bisa bersatu, langsung aja ketik….. jangan lupa dikasih nama “index.php”

Nah ada tambahan nih dari saya yaitu bagian yang bisa ngelink ke isi.html kaya yang saya kasih tau diatas, ini fungsi untuk adanya isi.html











Tampilan ini akan muncul di isi.html beri nama “biodata.html” langsung ketik aja guys, jangan lupa bertahap ya dan langsung di test juga biar memuaskan ^_^
Ini adalah tampilan terakhir, seperti ini

Maaf apabila tutorial yang saya buat ini begitu simple dikarenakan ini juga tugas waktu saya sekolah, semoga bisa membantu teman-teman yang belum memahami agar bisa memahami maksud dari perintah-perintah diatas dengan mudah.
Oke sekian dari saya …
Salam php ^_^
assalamualaikum


Tidak ada komentar:

Posting Komentar