|
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang Usaha
Aksesoris merupakan suatu
pernak-pernik atau hiasan yang biasanya sering digunakan oleh perempuan, dengan
tujuan untuk mempercantik diri atau agar lebih menarik. Perempuan akan tertarik
dan berminat untuk mengoleksi aksesoris-aksesoris yang lucu,unik dan bagus.
Oleh
karena itu, aksesoris banyak diminati banyak orang,merintis usaha baru dengan
membuka took aksesoris merupakan suatu pilihan usaha yang diharapkan dapat
mendatangkan keuntungan yang lumayan. Hal ini dikarenakan, aksesoris banyak
diminati oleh sebagian besar perempuan sehingga permintaan akan barang
aksesoris tersebut juga banyak.
Dengan
adanya peluang dan banyak peminat maka
memulai usaha baru dengan membuka took aksesoris merupakan sesuatu pilihan yang
cukup tepat. Dengan memproduksi barang yang unik, lucu dan bagus serta harga
yang relative terjangkau, maka akan dapat menarik minat banyak orang untuk
membeli.
BAB II
PERENCANAAN USAHA
Jenis usaha yang kami tawarkan
adalah pembuatan Accessories, seperti bross, jepit dan ikat rambut, gelang,
kalung, gantungan handphone dan yang sejenis lainnya.
Mengapa kami memilih jenis usaha ini? Karena jenis
usaha ini tidak mengenal musiman, artinya usaha ini laku setiap saat, bahkan
bila produk atau hasilnya bagus akan dicari karena menjadi kebutuhan fashion
atau mode untuk kalangan anak-anak dan dewasa.
Kami
sangat percaya diri produk yang kami
hasilkan bagus dan akan disukai oleh konsumen karena kami mempunyai jiwa
kreatif dan imaginative yang akan sangat
mendukung kualitas produk kami.
Visi
Famest
Accecories berupaya untuk menempatkan diri sebagai usaha accecories yang
terkemuka di kawasan tangerang dan akan berlanjut ke kawasan luar kota.
Misi
Famest
accecories mempunyai misi memberikan layanan istimewa dengan jaminan bahwa
pelanggan akan mendapatkan layanan terbaik, dan harga yang terjangkau. Famest
accesories akan mengelola bisnis melalui kreatifitas sendiri, dengan adanya
karyawan-karyawan yang kreatif, penggunaan teknologi yang kompetitif, serta
membangun kemitraan yang saling menguntungkan dan saling mendukung serta
sinergis.
Ditahun pertama, tujuan usaha
kami yaitu dikenal lebih dahulu oleh target konsumen kami, dalam jangka
menengah kami akan berusaha menghasilkan pendapatan laba yang melebihi modal
awal dan dalam jangka panjang kami akan terus berusaha mengembangkan baik
variasi maupun kualitas produk kami agar lebih disukai oleh konsumen dan
mengembangkan pasaran usaha kami lebih luas bahkan sampai luar negeri.
Karena pasaran kami adalah anak-anak
dan dewasa kami menciptakan image produk kami girly and elegant agar lebih diminati oleh kosumen.
BAB III
MANAJEMEN DAN OPERASIONAL
1.
Analisis
Usaha
Mengapa kami percaya diri bahwa
produk kami akan laku dan sukses di pasaran? Karena
kelebihan kami dalam kreativitas dan pelayanan kepada konsumen sangat kami
utamakan. Perkembangan fashion dan mode yang setiap saat berubah menjadi
peluang kami untuk semakin mengembangkan produk dalam segi variasi produk kami.
2. Pengelolaan
Jumlah
karyawan yang diawal tahun usaha kami
ada tujuh orang yang sekaligus pencetus awal dari usaha ini. Kami percaya diri
dan berharap dengan berkembangnya usaha ini sesuai dengan tujuan dan target
yang telah kami uraikan sebelumnya, kami akan menambah perekrutan karyawan
supaya produksi dan permintaan konsumen terpenuhi.
Struktur
organisasi diatas merupakan struktur organisasi yang kami gunakan untukS usaha
yang kami jalani, yaitu : accessories
- Tempat Usaha
A.
Lokasi
Lokasi Usaha : Jl. Perintis
Kemerdekaan 1
Argument : Lokasi
yang akan kami tempati sangat strategis, disamping pusat sekolah, kampus dan kantor
disana juga banyak anak muda yang mempunyai minat tinggi untuk membeli barang –
barang aksesoris.
B.
Luas Lokasi : 5 x 10 M 2
Rincian
:
·
Tempat Etalase untuk barang-barang
accecories
·
Gantungan-gantungan didinding untuk
barang-barang accecories
·
Toilet
C.
Lokasi yang kami pergunakan untuk
menjalankan usaha kami sewa dengan jangka waktu pertahun
D.
Nama
Toko : Famest Accecories
Argument dari nama famest accecories : karena sengaja
diambil dari huruf nama kelompok kami yaitu Fahmi Adi Anty Marli Edi Syam Tri.
- Kegiatan Usaha
Barang yang akan kami jual
merupakan barang eceran. Sebisa mungkin kami akan menjual barang nya dengan
harga yang murah atau harga rosir. Lokasi tempat kami membuka usaha di daerah
Pendidikan Tangerang. Alasan kami membuka usaha disana selain merupakan tempat
yang ramai, tempat itu juga merupakan pusat pendidikan dan juga merupakan
tempat berlalulalangnya pelajar-pelajar maupun mahasiswa-mahasiswa. Pembelian
barang accecories untuk dijual kami usahakan secara kontan. Kami akan membeli
barang sebelum persediaan habis. Hal ini untuk menghindari kekecewaan pelanggan
karena stock abis. Kami membeli barang di daerah kota selain harga nya yang
relative murah disana juga menyediakan bermacam-macam accecories yang banyak
dicari oleh pembeli. Kami menjual barang accecoriesnya dengan harga kontan. Hal
ini untuk menghindari adanya kerugian karena pembeli yang lupa membayar barang.
Selain itu barang yang kami jual adalah barang eceran yang tidak mungkin untuk
dikreditkan. Tata letak barang accecories kami, akan dibuat rapih, tidak
berantakan, dan akan dibuat semenarik mungkin dan terlihat beda dengan
toko-toko accecories yang lainnya. Upaya ini lah yang kami harapkan dapat
membuat pembeli menjadi tertarik untuk melihat-lihat bahkan membeli saat
melihat toko kami.
BAB IV
Rencana Pemasaran
- Target Pemasaran
Yang
akan menjadi target pemasaran produk kami adalah :
Usia :
semua umur
Jenis Kelamin : Semua Jenis
Tempat Tinggal : Perkotaan
Pekerjaan : Semua Pekerjaan
- Pasar Dan Segmen Pasar
Semua konsumen dari semua kalangan,
baik dari kalangan atas, menengah dan kalangan bawah, karena harganya
terjangkau.
A.
Jenis Pasar Yang Dimasuki
Untuk kalangan anak – anak, remaja,
sampai dewasa, karena aksesoris ini untuk anak – anak muda untuk mempercantik
diri, baik laki – laki maupun perempuan.
B.
Posisi Perusahaan Dalam Pasar
Posisi perusahaan dalam pasar sangat
strategis, disamping lokasinya dekat dengan keramaian, disana juga menjadi
pusat untuk berbelanja dan banyak orang dari kalangan menengah ke atas.
- Pesaing
A. Jumlah
Pesaing Yang Dihadapi
Memang
usaha ini banyak mempunyai pesaing, tetapi dengan mempunyai kualitas yang lebih
tinggi, maka konsumen akan lebih puas dan konsumen member informasi kepada
orang banyak.
B. Strategi
Pemasaran Dalam Menghadapi Pesaing
·
Menciptakan karyawan yang ramah
·
Menyediakan barang yang menarik dan
berkualitas
·
Menyediakan property pendukung,
seperti :
o Ruang
3 dimensi
o Suasana
music
o Warna/cat
tembok
o Kaca
- Program Pemasaran
A. Metode Distribusi
Penjualan
20% melalui Media Elektronik berbasis web (Online)
Penjualan
70% melalui buka toko
Penjualan
10% melalui promosi
B. Media Pemasaran :
Toko,
Website, Media Sosial (facebook, twitter, whatsApp, Line, Blog, dll)
Argumen
:
Dengan menggunkan website atau
media sosial lainnya penjualan barangpun akan semakin mudah dan lebih praktis.
Karena kebanyakan orang Indonesia banyak menggunakan internet, dan mereka akan
tertarik jika memberikan iklan-iklan yang menarik. Tidak perlu menggunakan
brosur, dan tidak perlu mengeluarkan modal tambahan.
BAB V
RENCANA KEUANGAN
- Modal
Aktiva
|
Harta
|
Kas Rp 10.000.000
|
Utang
Rp 5.500.000
|
Persediaan barang Rp 21.200.000
|
|
Peralatan Rp 27.800.000
|
|
Piutang Rp 1.000.000
|
Modal
Rp 55.000.000
|
Total Rp 60.000.000
|
Total
Rp 60.500.000
|
- Laporan Laba Rugi
Pendapatan
dari usaha pokok /bulan =
Rp 5.000.000
Pendapatan
dari usaha sampingan =
Rp 3.000.000
Total =
Rp 8.000.000
Beban
(biaya)
Beban
usaha =
Rp 2.500.000
Beban
diluar usaha =
Rp 1.000.000
Total =
Rp 3.500.000
Laba/Rugi =
Total pendapatan – total biaya
Rp
4.500.000
- Sumber Permodalan
Modal
sendiri = Rp 60.000.000
Modal
pinjaman = Rp 2.000.000
Total = Rp 62.000.000
Tidak ada komentar:
Posting Komentar