Sabtu, 14 Maret 2015

tugas kampus saya analisa





LAPORAN AWAL ANALISA SISTEM INFORMASI
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJADWALAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMP ISLAM YAPPIDA

Kelas   : SI103B









  
Dibuat oleh :
(nama kelompok   dan nim)



PERGURUAN TINGGI RAHARJA
Jl. Jendral Sudirman No. 40 Modern Cikokol – Tangerang 15117
Telp. (021) 5529692, 5529586 Fax. (021) 5529742




KATA PENGANTAR


Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadiran Allah SWT sebagai ucapan terima kasih penulis atas karunia dan petunjuk serta membimbing penulis dari awal hingga dapat menyusun dan menyelesaikan laporan ini, dengan judul “Perancangan Sistem Informasi Penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar Di SMP Islam Yappida”
Pembuatan Laporan ini dilakukan penulis dengan Observasi langsung dan riset ke tempat instansi tersebut.
Tujuan dari pembuatan Laporan ini adalah laporan awal analisa system informasi  pada mata kuliah analisis system informasi yang diampuh oleh Meta Amalya Dewi, M.Kom.
Waktu penyelesaian laporan ini dirasa sangat singat bagi penulis yang selain seorang mahasiswa/i juga sebagai seorang pekerja. Walau sedikit sulit untuk membuat laporan analisa dalam bentuk yang sempurna, namun penulis optimis jika laporan ini dapat penulis selesaikan dalam waktu yang telah ditentukan.
Dalam penyusunan Laporan ini, penulis banyak menerima bantuan dan dorongan baik secara moril maupun materil serta bimbingan dan semangat dari semua pihak. Penulis menyadari tanpa adanya bimbingan dan dorongan tersebut, laporan ini tidak akan dapat terselesaikan dan tepat pada waktunya.
Penulis menyadari dalam penyajian dan penyusunan laporan ini masih terdapat kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu, kritik dan saran mengenai penelitian ini yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan.
Akhir kata, semoga laporan ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan dapat menjadi bahan acuan yang bermanfaat dikemudian hari.
Tangerang,  Maret 2015

Penulis









PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi informasi telah sangat memberi andil dalam ilmu pengetahuan dan informasi dalam skala global. Penemuan baru dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di suatu tempat mampu diakses dengan mudah dapat menyebar luas diseluruh belahan dunia mulai dari plosok hingga perkotaan besar.Teknologi informasi juga sebagai inovasi di dunia pendidikan seperti e-education (Elektronic Education) dan distance learning atau pembelajaran jarak jauh. E-education berarti memanfaatkan teknologi informasi sebagai sumber informasi bagi peserta didik. Internet yang sekarang telah berkembang pesat ialah alat untuk mengimplikasikan e-education ini. Peserta didik yang dulunya hanya mencari informasi untuk tugas sekolah di perpustakaan, kini lebih beralih kepada sebuah komputer yang dapat terhubung ke sebuah jaringan internet. Hal ini dikarenakan sumber yang didapat lebih mutakhir, dan sumber dapat diambil dari mana pun. Dan distance learning atau pembelajaran jarak jauh akan tetapi sistem pembelajaran yang biasa dilihat di Indonesia ialah konvensional, yakni antara pendidik dan peserta didiknya harus bertatap muka. Kecenderungan peserta didik bergantung kepada pendidik sangat kuat sehingga peserta didik tidak berani untuk berseberangan dengan pendidiknya. Akan tetapi, karena perkembangan teknologi informasi, semua itu dirasakan sulit untuk sekarang ini. Pembelajaran jarak jauh memberikan kesempatan terhadap pendidik dan peserta didik yang dibatasi oleh jarak dan waktu. Pendidik dapat memberikan materi kapan saja (sampai suatu batas yang ditentukan) di Bandung misal, dan peserta didik yang ada di Maluku dapat mendownload materi yang diberikan. Tugas pun dapat peserta didik upload ke dalam internet dan mendownloadnya kembali ketika peserta didik tersebut membutuhkan tugas tersebut kembali sehingga biaya dirasakan terhitung murah dibandingkan peserta didik tersebut harus menyerahkannya lewat jalur transportasi yang jauh dan menjaga lingkungan tetap hijau karena tidak menggunakan kertas. Jika peserta didik ingin berkomunikasi dan berdiskusi lebih lanjut, di internet ada fasilitas chatting, dan forum diskusi atau millis.
Dibalik itu semua, ada hambatan yang terbentang dalam pengembangan inovasi-inovasi ini. Yang pertama ialah tidak meratanya pembangunan teknologi informasi di Indonesia. Sudah menjadi rahasia umum bahwa pembangunan yang terjadi di pulau Jawa relatif lebih banyak dibandingkan pembangunan yang terjadi di luar pulau jawa. Hal ini mengakibatkan terjadinya kesenjangan pendidikan dan infrastruktur disetiap sekolah.
Hal kedua yang menjadi hambatan sekaligus tantangan ialah sifat Internet. Sifat dari internet itu seperti hitam dan putih, internet bisa memberikan dampak baik dan juga dampak buruk untuk generasi pemuda/i Indonesia. Di internet peserta didik bisa mendapatkan informasi yang baik tentang pendidikan dan budaya. Akan tetapi, di internet juga menawarkan kesenangan sesaat dan menimbulkan ketagihan yang luar biasa yang kurang manfaatnya, malah memberikan dampak buruk. Sehingga faktor yang sangat penting dalam rangka menyukseskan teknologi informasi sebagai inovasi pendidikan ialah kesiapan semua pihak dalam menerima kecanggihan teknologi. Dan  dalam hal ini, pemerintah harus turut andil dalam mengawasi dan pemberikan dana pembangun teknologi informasi di seluruh penjuru Indonesia, serta menyelesaikan sebuah kurikulum yang baik untuk tercapainya hal ini. Selain itu harus ada pihak – pihak yang harus disiapkan terlebih dahulu yaitu Pihak sekolah siap untuk membangun infrastruktur teknologi informasi di sekolah, Pendidik siap untuk menjadi fasilitator dan pembimbing peserta didik dengan media dan fasilitas yang diberikan oleh teknologi informasi, baik dalam hal metode pembelajaran dan strategi pembelajaran. Dan siswa, sebagai peserta didik harus mampu untuk lebih semangat, lebih termotivasi, dan disiplin dalam belajar.
 Rencana pembelajaran merupakan elemen penting dalam proses pembelajaran. Rencana didesain dengan cermat dan komprehensif akan memberikan pengaruh positif terhadap pembelajaran siswa. Tujuan utama dari perencanaan ini adalah untuk menjamin tercapainya pembelajaran siswa. Oleh karena itu,  perencanaan yang baik juga membantu guru dan mengatur alur dan urutan pengajaran serta dalam mengelola waktu dan memberikan pengalaman belajar yang dibutuhkan siswa.
SMP Islam Yappida yang beralamat Jl. Samudra Raya No. 45, RT. 01/06 Kelurahan Kunciran Indah, Kec. Pinang Kota Tangerang merupakan sekolah swasta favorit, banyak masyarakat Tangerang yang ingin mendaftarkan putra–putrinya untuk meneruskan sekolah di SMP Islam Yappida. Untuk proses belajar-mengajar di SMP Islam Yappida menggunakan standar nasional yang sudah ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional ( DEPDIKNAS). Di SMP Islam Yappida untuk sistem informasi rencana jadwal kegiatan belajar mengajar masih menggunakan sistem yang manual yang dikerjakan oleh bidang kurrikulum. Dan kendala yang sering dihadapi oleh bidang kurrikulum adalah mengposisikan guru-guru agar sesuai dengan kelas yang tersedia dan materi yang ada pada kurrikulum yang telah ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS) dan sering terjadi penggandaan data sehingga terjadi redudansi data. Sehingga didalam pembuatan jadwal kegiatan belajar mengajar tidak efisien dan efektif.   
Atas latar balakang tersebut di atas penulis tertarik untuk meneliti bagaimana proses data jadwal kegiatan belajar mengajar (KBM) yang sedang berjalan pada SMP Islam Yappida. Hal ini akan menjadi langkah awal bagi pembuatan data penjadwalan kegiatan belajar mengajar yang lebih cepat dan tepat.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dalam penulisan laporan ini penulis mengambil judul “Perancangan Sistem Informasi Penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar Di SMP Islam Yappida”.

1.2  Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas maka dapat ditarik pokok permasalahan yaitu :
1.    Bagaimana proses sistem penjadwalan kegiatan belajar mengajar (KBM) pada   SMP Islam Yappida ?
2.    Apakah sistem penjadwalan kegiatan belajar mengajar (KBM) pada SMP Islam Yappida ini masih menemui kendala di dalam pelaksanaannya ?
3.   Bagaimana merancang sistem informasi rencana penjadwalan kegiatan belajar mengajar pada SMP Islam Yappida?

1.3  Ruang Lingkup Penelitian
Pembahasan dispesifikasikan pada permasalahan yang diteliti, yaitu pada prosedur-prosedur, dari input data guru, kelas, waktu belajar dan mata pelajaran sampai pembuatan laporan serta analisa yang berhubungan dengan rencana penjadwalan kegiatan belajar mengajar (KBM) pada SMP Islam Yappida.



1.4  Tujuan dan Manfaat Penelitian
Dari uraian di atas penulis mempunyai beberapa tujuan antaranya :
1.4.1 Tujuan Penelitian
     Dalam penulisan laporan ini, penulis mempunyai tujuan antara lain :
  1. Tujuan Operasional
            Untuk mengetahui proses dalam sistem penjadwalan kegiatan belajar mengajar (KBM) pada SMP Islam Yappida.
       2. Tujuan Fungsional
a.      Membantu dalam mengolah data yang cepat dan efisien dalam menghasilkan informasi.
b.     Membantu mengurangi kesalahan dalam pencatatan yang dilakukan menggunakan aplikasi standar.
       3. Tujuan Individual
a.      Menambahkan wawasan dan ilmu pengetahuan penulis.
b.     Melatih kreativitas penulis agar tanggap terhadap lingkungan sekitar
1.4.2 Manfaat Penelitian
     Manfaat nyata yang didapat dari penelitian ini adalah:
1.     Bagi Sekolah
Memberikan solusi untuk permasalahan yang terdapat dalam sistem rencana jadwal kegiatan belajar mengajar (KBM) pada SMP Islam Yappida.
2.     Bagi Penulis
Untuk mengembangkan pola berfikir ilmiah yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan
3.     Bagi Pihak Lain
Dapat berguna bagi mahasiswa/i khususnya dan masyarakat pada umumnya



1.5  Metodologi Penelitian
1.5.1 Pengumpulan Data
 Dalam hal ini metodologi penelitian yang digunakan adalah  dengan cara mengumpulkan dan menggambarkan data secara langsung dari lapangan atau tepatnya yang menjadi objek penelitian untuk mendapatkan data secara relevan.
Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan dalam mencari dan mengumpulkan data serta mengolah informasi yang diperlukan menggunakan beberapa metode sebagai berikut :
1.     Wawancara
Adalah metode untuk mendapatkan data dengan cara mewawancarai secara lisan kepada bidang kurikulum mengenai kekurangan dan kelebihan terhadap rencana jadwal kegiatan belajar mengajar (KBM) yang sedang berjalan.
2.     Observasi
Adalah metode pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan secara langsung pada objek yang diteliti yaitu SMP Islam Yappida dan meminta data yang diperlukan sebagai bahan untuk menulis laporan penelitian.
3.     Analisis Dokumen
Teknik ini dilakukan dengan mempelajari material yang menggambarkan sistem yang sedang berjalan. Biasanya dokumen yang diamati berupa form,laporan,manual kebijakan,grafik organisasi
1.5.2 Metode Analisis
            Pada Penelitian ini, metode analisis dilakukan dengan tahapan-tahapan  sebagai berikut :
1.     Melakukan evaluasi yang luas serta logis terhadap sistem yang berjalan saat ini. Evaluasi ini dilakukan dengan 6 (enam) tahapan kegiatan yaitu:
a.      Menentukan objektif/tujuan
b.     Mempelajari Organisasi
c.      Menganalisis output yang sudah ada
d.     Menyelidiki sistem dan prosedur yang berjalan saat ini
e.      Menyelidiki kebutuhan input, dan
f.      Mengevaluasi sistem yang berjalan saat ini
2.     Menentukan urutan-urutan analisis Rencana Penjadwalan kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan menetapkan cakupannya.
3.     Melakukan analisis terhadap sasaran dan masalah, Critical Success factory (CSFs).
1.5.3       Sumber Data
1.     Sumber data primer
                     Adalah data yang diperoleh secara langsung dari SMP Islam Yappida, baik melalui observasi maupun melalui pengumpulan data baik yang ada dibidang kurikulum maupun sekolah itu sendiri.
2.     Sumber data sekunder
            Adalah data yang dikumpulkan oleh penulis dengan mempelajari buku-buku, dan sumber-sumber data lainnya yang berkaitan dengan objek penelitian yang dipilih.
1.5.4 Metode Perancangan
Dalam metode perancangan ini, menggunakan UML ( Unified Modelling Language) diantaranya yang digunakan Use Case Diagram, Class Diagram, Sequence Diagram, spesifikasi basis data, normalisasi, spesifikasi proses, dan kamus data
1.6  Sistematika Penulisan
Untuk memahami lebih jelas mengenai laporan ini, penulis mengelompokkan laporan ini menjadi beberapa sub–sub dengan sistematika penulisan sebagai berikut :








      PENDAHULUAN
Bab ini terdiri dari latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metode penelitian serta sistematika penulisan.
PEMBAHASAN
Bab ini menjelaskan tentang gambaran umum SMP Islam Yappida, sejarah,wewenang dan tanggung jawab, struktur organisasi, urutan prosedur system berjalan, analisa batasan, analisa kelebihan dan kekurangan system berjalan, analisa masalah,analisa control, analisa perangkat system, alternative pemecahan masalah, requirement elicitacion, dan usulan prosedur yang baru.
PENUTUP
Bab ini merupakan bab terakhir yang berisi kesimpulan dari hasil analisis dan rancangan sistem yang dilakukan serta saran-saran yang diberikan untuk lebih memaksimalkan kinerja sistem yang diusulkan.
LAMPIRAN

PEMBAHASAN

3.1. Analisa Organisasi
3.1.1. Gambaran Umum SMP Islam Yappida
            Sekolah  Menengah  Pertama (SMP) Islam Yappida adalah Sekolah swasta yang beralamat di Jl. Samudra Raya No. 45, RT. 01/06 Kelurahan Kunciran Indah Kec. Pinang Kota Tangerang, Banten. Dan Pada tahun 2000 sampai tahun 2013 sudah Terakreditasi B dan mulai sebagai Rintisan Sekolah Katagori Mandiri (SKM) dengan menerapkan pembelajaran berbasis multi media. Kini SMP Islam Yappida menjadi pilihan alternatif bagi siswa/orang tua siswa yang ingin memperoleh pendidikan yang lebih baik mengingat di sekolah ini terdapat fasilitas penunjang pendidikan yang memadai bahkan memiliki beberapa kelebihan dari sekolah lain yang setingkat dan ditunjang dengan guru-guru yang berkualitas. Adapun fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar (KBM) antara lain :

a.      Fasilitas Penunjang Pendidikan
-   Gedung berlantai 2
-        1 (satu) ruang laboratorium komputer Pentium IV
-        Jaringan internet 24 jam di semua unit komputer (hotspot)
-        Perpustakaan
-        Radio Sekolah
-        Ruang audio dan Video Visual
-        Aula
-        Koperasi Sekolah
-        Kantin Sekolah
-        Masjid Al-Muhajirin
-        Sarana Olahraga lainnya.
b.     Ekstrakulikuler
-        Paskibra
-   Futsal
-   Marawis
-   Sepak Bola
-   Pencak Silat
c.      Tenaga Pengajar
          Tenaga Pengajar terdiri dari :
-   Guru tetap Yayasan
-   Guru Honorer
                                 Jumlah guru                   : 19 guru Lulusan S1
                                 Jumlah Karyawan          : 5 Orang
d.     Waktu Belajar
         Masuk Pagi pukul 06.30 s.d 12.15 WIB
e.      Lokasi
                    SMP Islam Yappida mempunyai lingkungan hijau, bersih dan rindang dalam area seluas 500 m yang berlokasi di Kunciran Pinang Tangerang. SMP Islam Yappida mudah dijangkau terletak di pinggir jalan utama kota Tangerang.

3.1.3. Struktur Organisasi
Bendahara

Ka. Tata Usaha

PKS. Kurikulum


PKS. Kesiswaan

PKS. Sarana / Prasarana

Koordinator BP

Guru

Wali Kelas

KA.Humas

Siswa –Siswi SMP Islam Yappida

Kepala Sekolah

Komite Sekolah


Gambar 3.1 Struktur Organisasi
Keterangan
=  Garis komando
                           =   Garis koordinasi
3.1.4. Tugas dan Wewenang
1.     Komite Sekolah
Komite sekolah merupakan kumpulan dari perwakilan dari para walikelas yang dipercaya dapat membantu baik bagi sekolah maupun bagi para siswa. Komite Sekolah berfungsi antara lain sebagai berikut :
a.       Menyampaikan aspirasi para wali murid dengan pihak sekolah
b.       Mengawasi jalannya pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar
c.       Mengawali pengeluaran keuangan sekolah
d.       Mengawali Pembangunan Sarana dan prasarana sekolah

2.     Kepala Sekolah
a.          Mengatur, mengarahkan, membimbing dan mengawali semua kegiatan pendidikan
b.          Mengkoordinir semua kegiatan kependidikan sesuai program kerja sekolah dan ketentuan berupa instruksi-instruksi atasan
c.          Menyusun laporan kependidikan sebagai laporan pertanggung jawaban secara tertulis menurut prosedur yang berlaku
d.          Menjalin hubungan baik dengan instansi pemerintah dan lembaga-lembaga pendidikan lainnya, komite sekolah, dan komponen masyarakat, orang tua siswa dan lingkungan sekitarnya
e.          Mengadakan rapat-rapat dinas sekolah, rapat-rapat rutin bulanan dan mengambil/menentukan keputusan melalui musyawarah baik dalam rapat dinas staff maupun dalam rapat pembantu urusan / staff TU
f.           Mengawasi secara menyeluruh pelaksanaan kurrikulum sekolah dan kegiatan EKSKUL
g.          Melaksanakan pembinaan personal baik secara kelompok maupun secara perorangan

3.Ka. Tata usaha
a.           Menyusun dan melaksanakan program Tata Laksana surat menyurat
b.          Menyelenggarakan Tata laksana keuangan sekolah
c.           Menyelenggarakan Tata laksanakan Kepegawaian
d.          Menyusun dan menyajikan data/static sekolah
e.           Menyusun laporan kegiatan dan penyusunan Tugas Tata Usaha Sekolah
f.           Dan lain-lain yang berkaitan dengan kegiatan ketata usahaan
4.Bendahara
a.            Bersama-sama wakil sekolah dan kepala sekolah menyusun RAPBS
b.           Menerima uang setoran SPP dan IPP dari petugas penerima SPP dan IPP
c.            Menyimpan uang ke dalam brangkas
d.           Mengisi buku atau membuat buku kas harian dan buku kas umum
e.            Melaporkan keadaan keuangan kepada kepala sekolah
f.            Mempertanggung jawabkan keluar masuk uang dan keberadaan uang
5.PKS. Kurikulum
a.          Membagi tiga mengajar sesuai dengan kemampuan dan kecakapan Guru
b.          Mengatur hubungan korelatif antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya
c.          Menentukkan batas-batas atau target kurrikulum dalam satu catur wulan/tahunan
d.          Menentukkan buku pegangan Guru atau sisiwa dan perpustakaan sekolah
e.          Menentukkan waktu untuk evaluasi balajar dan melaksanakannya
f.           Kunjungan-kunjungan dalam rangka studi
g.          Menentukkan alat-alat Bantu belajar termasuk diantaranya alat peraga
h.         Tugas-tugas lain yang mendukung Kegiatan Belajar Mengajar
6.     PKS. Kesiswaan
a.          Menyusun Program Pembinaan Kesiswaan (OSIS), memberikan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan siswa atau OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah
b.          Penyusunan kegiatan siswa atau OSIS secra insidentil maupun berkala dan mengusahakan peningkatan kualitas siswa berbakat
c.          Pengarahan dan pemilihan pengurus OSIS serta menentukkan langkah-langkah pembinaan pengurus OSIS dalam berorganisasi
d.          Perencanaan dan pelaksanaan aktifitas siswa berupa :
l   Class meeting ( pertemuan kelas)
l   Upacara-upacara hari besar
l   Karyawisata bersama
l   Pramuka, PMR, Paskibra, dan sebagainnya
7.PKS. Sarana /Prasarana
a.     Menyusun dan menyediakan perlengkapan
b.     Merencanakan  Penambahan ruang kelas baru/bangunan sekolah
c.     Mengatur dan mengelola pemanfaatan bangunan sekolah
d.     Pemeliharaan bangunan, perlengkapan, halaman, pertamanan, kebersihan, dan keamanan sekolah
e.     Tugas lainnya yang berhubungan dengan sarana prasarana sekolah
8.KA. Humas
a.          Menyusun dan melaksanakan program kerja
b.          Mengadakan hubungan interaksi antara sekolah dengan orang tua,masyarakat dan Pemerintah
c.          Pendayagunaan sumber daya lingkungan
9.Koordinator Bimbingan dan Penyuluhan atau Bimbingan karir
a.            Penyusunan dan pelaksanaan program BP, menentukan metoda bimbingan dan penyuluhan, peralatan, teknik pengolahan data hasil BP tersebut, serta langkah-langkah operasionalnya.
b.           Mengadakan koordinasi dengan guru, wali kelas, pengurus OSIS, orang tua murid dalam rangka pelaksanaan bimbingan
c.            Menyusun dan memberikan saran serta pertimbangan dalam rangka pemilihan jurusan atau program pendidikan
d.           Mengadakan eveluasi pelaksanaan BP serta menyusun static hasil bimbingan
e.            Dan lain-lain yang berhubungan dengan kegiatan kesiswaaan dan BP

10.       Guru
a.            Memahami dan menghayati isi GBPP dengan mata pelajaran
b.           Memahami dan menghayati isi kurikulum, khususnya pada mata      pelajaran yang diajarkan
c.           Melaksanakan program sistem penilaian
d.          Melaksanakan program remedial dan pengayaan
e.           Melaksanakan evaluasi program pengajaran
f.           Menetapkan standar ketuntasan belajar minimum
g.          Melaksanakan tindak lanjut program pengajaran
h.          Melaporkan pelaksanaan tugas kepada kepala sekolah
11.     Wali Kelas
a.      Mengetahui tugas pokok :
Ø  Mewakili Orang Tua dan kepala sekolah dalam lingkungan kelasnya
Ø  Meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Ø  Membantu Pengembangan kecerdasan
Ø  Membentuk pengembangan ketrampilan
Ø  Mempertinggi budi pekerti dan memperkuat kepribadian
b.     Mengetahui jumlah anak didik
c.      Mengetahui identitas anak didik, antara lain dengan cara memanggil seseorang demi seseorang anak didiknya untuk menyesuaikan isi kartu pribadi dengan keadaan yang sebenarnya
d.     Mengetahui kehadiran anak didik setiap harinya
e.      Mengetahui masalah-masalah anak didik (pelajaran, ekonomi, social dll)
f.      Mengambil tindakan-tindakan untuk mengatasi masalah
g.     Memperhatikan buku rapor, kenaikan, kelulusan
h.     Memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan anak didik
i.       Membina suasana kekeluargaan
j.       Melaporkan kepada sekolah

12.  Siswa – Siswi
            Siswa berkewajiban memenuhi segala kewajiban dan peraturan yang berlaku di sekolah, seorang siswa yang telah melunasi atau membayar segala kewajiban dapat diterima sebagai siswa, diantaranya harus sudah melunasi uang pendaftaran, uang bangunan, uang OSIS, uang MOS, dan uang SPP.

3.2  Urutan Prosedur Sistem Berjalan
         Urutan prosedur system yang berjalan dalam pembuatan Rencana Jadwal Kegiatan Belajar Mengajar pada SMP Islam Yappida, anatara lain :
1.     Pembuatan form pernyataan yang dilakukan oleh Staff  Tata Usaha (TU)
2.     Memberian form pernyataan kepada Guru yang dilakukan oleh Staff TU
3.     Mengisi form pernyataan yang dilakukan oleh Guru
4.     Memberikan form pernyataan yang telah diisi kepada Staff Kurikulum yang dilakukan oleh Guru
5.     Membuat Pembagian Tugas Mengajar
6.     Membuat KHM yang dilakukan oleh Staff Kurikulum
7.     Memberikan KHM kepada Guru yang dilakukan oleh Staff Kurikulum
8.     Mengisi KHM yang dilakukan oleh Guru
9.     Memberikan KHM yang telah diisi kepada Staff Kurikulum yang dilakukan oleh Guru
10.  Membuat jadwal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang dilakukan oleh Staff Kurikulum
11.  Memberikan jadwal KBM kepada kepala sekolah yang dilakukan oleh Staff Kurikulum
12.  Membuat acc jadwal KBM yang dilakukan oleh Kepala Sekolah
13.  Memberikan acc jadwal KBM kepada Staff Kurikulum, Staff TU, dan Guru yang dilakukan oleh Kepala Sekolah
14.  Membuat Surat Keputusan (SK) yang dilakukan oleh kepala Sekolah
15.  Memberikan SK kepada Guru yang dilakukan oleh Kepala Sekolah

3.3       Analisa Batasan
Setiap sistem mempunyai batasan sistem (boundary) yang memisahkan sistem dengan lingkungan luarnya. Kesatuan luar merupakan kesatuan diluar sistem yang dapat berupa orang, organisasi, atau sistem lainnya yang memberikan input atau menerima output dari sistem.
Melihat permasalahan yang ada pada sistem saat ini, maka penelitian dibatasi pada penginputan data guru, kelas, mata pelajaran, waktu belajar sampai pembuatan laporan serta analisa yang berhubungan dengan rencana penjadwalan kegiatan belajar mengajar (KBM) pada SMP Islam Yappida.

3. 4      Analisa Kelebihan dan Kekurangan Sistem berjalan
Melalui penelitian ini, dapat disimpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan sistem yang ada saat ini diantaranya sebagai berikut :
1.   Kelebihan dari Sistem Pengajuan rencana jadwal kegiatan belajar mengajar saat ini bisa dikatakan hanya menghemat biaya karena semua dilakukan masih secara manual atau hanya menggunakan aplikasi office saja.
2.   Adapun kekurangan dari Sistem rencana jadwal kegiatan belajar mengajar  saat ini sulitnya menposisiskan guru, mengatur kelas dan mata pelajaran agar tidak terjadi bentrok.

3.5       Analisa Masalah
            Berdasarkan analisa yang dilakukan di bagian Kurikulum pada SMP Islam Yappida yaitu dalam Sistem informasi rencana jadwal kegiatan belajar mengajarnya masih ditemukan masalah. Salah satunya adalah kurangnya Sumber daya manusia untuk mengajar, sistem yang digunakan masih menggunakan sistem manual sehingga membuat rencana jadwal belajar mengajar kurang efektif dan efisiens, masih sering menghadapi redudansi atau penumpukan data pada saat pembuatan jadwal kegiatan belajar mengajar, kurang bagusnya prosedur yang digunakan pada input data guru, kelas dan waktu belajar.
3.6       Analisa Kontrol
                        - Analisa Input
                        Pada sistem yang berjalan Kontrol input belum  ada.
            - Analisa Proses
              Pada sistem yang berjalan dibawah ini untuk masalah control proses, masih dilakukan secara manual dengan mencocokan data kesangggupan hari mengajar yang dilakukan guru dengan mata pelajaran dan kelas yang ada.
            - Analisa Output
                        Pada sistem yang berjalan untuk masalah kontrol output, tidak ada.
Jadi bisa diambil suatu kesimpulan bahwa pada Sistem Rencana Jadwal Kegiatan Belajar Mengajar yang berjalan  saat ini tidak ada pengontrolan yang jelas karena sistem masih dilakukan secara manual. Oleh karena itu, dengan adanya pembangunan sistem ini, diharapkan adanya pengontrolan sistem dengan jelas sehingga sistem dapat berjalan dengan baik.

3.7     Analisa Perangkat Sistem
1.   Perangkat Keras ( Hardware )
Ukuran standar (minimal) perangkat keras yang digunakan dalam pengoperasian Sistem Surat Permintaan Pembayaran yang akan dibuat yaitu sebagai berikut :
a.   Processor      :   Intel Pentium IV
b.   RAM             :   512MB
c.   Harddisk       :   80 GB
2.   Perangkat Lunak (Software)
a.   Microsoft Windows 8
b.   Microsoft Office
Ø  Microsoft Word
Ø  Microsoft Exel
3.   Brainware
Untuk mengoperasikan sistem dilakukan langsung oleh para Staff Kurikulum, Kepala Sekolah, yang bertindak sebagai admin dan Guru serta Staff TU yang bertindak sebagai user.
3.8  Alternatif  Pemecahan Masalah
Berdasarkan analisa dari segi kekurangan dan kebutuhan dari bagian keuangan saat ini, pengembangan terhadap sistem hendaknya :
1.         Dapat menampilakan table inputan untuk mempermudah penginputan data.
2.         Dapat menampilkan report hasil dari inputan.
3.         Layout sistem harus dibuat lebih fleksibel dan sederhana sehingga membuat user lebih nyaman dalam menggunakan sistem tersebut atau dikatakan user friendly.
4.         lebih meningkatkan teknologi untuk mendukung sistem yang berjalan.
5.         mengoptimalkan suber daya yang berjalan menjadi efektif dan efisien dalam pengolahan data.
6.         melakukan sosialisasi terhadap dewan guru dan staff Adm mengenai teknologi sistem yang berjalan.
7.         memperbarui sistem yang sedang berjalan disekolah.
Menganalisa kebutuhan tersebut dapat diambil elicitasi sebagai berikut :
3.9  Requirement Elicitation Tahap - I
Functional

ANALISA KEBUTUHAN

Saya ingin sistem dapat  :
1.
Menampilkan Menu Utama
2.
Menampilkan Halaman Administrator
3.
Menampilkan Halaman User
4
Menampilakan berita seputar Islam Yappida
5.
Menampilkan data Administrator
6.
Menampilkan data User
7.
Menampilkan Menu Password
8.
Menampilkan Ubah Password
9.
Menampilkan form inputan data guru
10.
Menampilkan report data guru
11.
Menampilkan form inputan data kelas
12.
Menampilkan report  data kelas
13.
Menampilkan form input data mata pelajaran
14.
Menampilkan report data mata pelajaran
15
Menampilkan input data  agenda kelas
16.
Menampilkan report  data agenda kelas
17.
Menampilkan form input kepastian hari mengajar guru
18.
Menampilkan Report kepastian hari mengajar guru
19.
Menampilkan Form input jadwal kegiatan belajar mengajar
20.
Menampilkan Report jadwal kegiatan belajar mengajar
21.
Menampillkan search engine
22.
Manampilkan tombol simpan
23.
Manampilkan tombol tambah
24.
Manampilkan tombol edit/ubah
25.
Manampilkan tombol hapus
26.
Menampilkan inout kurikulum
27.
Menampilkan Report Kurikulum
28.
Menampilkan tombol cetak
29.
Menampilkan Logo sekolah
30.
Menampilkan Nama Sekolah
31.
Menampilkan Judul Sistem yang berjalan
32.
Menampilkan tampilan guru_kelas
33.
Menampilkan Silabus yang berlaku
34.
Menampilkan Tombol Detail
Non Functional

ANALISA KEBUTUHAN

Saya ingin sistem dapat :
1.
Komputer
2.
User
3.
Printer
4.
Ms. Office
5.
Scanner
6.
Blog / Wordpress/ DAD / visual pradigm
7.
LAN
8.
WAN
9.
Membutuhkan 1 menit untuk input data
10.
Mencetak data dalam waktu 1 menit
11.
Membutuhkan password
12.
Membutuhkan antivirus
13.
Report error

3.10Requirement Elicitation Tahap – II


M
D
I
Functional




ANALISA KEBUTUHAN

Saya ingin sistem dapat :
1.
Menampilkan Menu Utama
ü


2.
Menampilkan Halaman Administrator
ü


3.
Menampilkan Halaman User

ü

4
Menampilakan berita seputar Islam Yappida


ü
5.
Menampilkan data Administrator
ü


6.
Menampilkan data User

ü

7.
Menampilkan Menu Password
ü


8.
Menampilkan Ubah Password
ü


9.
Menampilkan form inputan data guru
ü


10.
Menampilkan report data guru
ü


11.
Menampilkan form inputan data kelas
ü


12.
Menampilkan report  data kelas
ü


13.
Menampilkan form input data mata pelajaran
ü


14.
Menampilkan report data mata pelajaran
ü


15.
Menampilkan input data  agenda kelas
ü


16.
Menampilkan report  data agenda kelas
ü


17.
Menampilkan form input kepastian hari mengajar guru
ü


18.
Menampilkan Report kepastian hari mengajar guru
ü


19.
Menampilkan Form input jadwal kegiatan belajar mengajar
ü


20.
Menampilkan Report jadwal kegiatan belajar mengajar
ü


21.
Menampillkan search engine

ü

22.
Manampilkan tombol simpan
ü


23.
Manampilkan tombol tambah
ü


24.
Manampilkan tombol edit/ubah
ü


25.
Manampilkan tombol hapus
ü


26.
Menampilkan inout kurikulum
ü


27.
Menampilkan Report Kurikulum
ü


28.
Menampilkan tombol cetak
ü


29.
Menampilkan Logo sekolah
ü


30.
Menampilkan Nama Sekolah
ü


31.
Menampilkan Judul Sistem yang berjalan

ü

32.
Menampilkan tampilan guru_kelas

ü

33.
Menampilkan Silabus yang berlaku

ü

34.
Menampilkan Tombol Detail


ü
Non Functional




ANALISA KEBUTHAN

Saya ingin sistem dapat :
1.
Komputer
ü


2.
User
ü


3.
Printer
ü


4.
Ms. Office
ü


5.
Scanner

ü

6.
Blog / Wordpress/ DAD / visual pradigm

ü

7.
LAN
ü


8.
WAN
ü


9.
Membutuhkan 1 menit untuk input data

ü

10.
Mencetak data dalam waktu 1 menit

ü

11.
Membutuhkan password

ü

12.
Membutuhkan antivirus
ü


13.
Report error

ü


Keterangan :
M  :  Mandatory  (diperlukan)                     
D   :  Desirable  (yang di inginkan)
I     :  Inessential  (yang tidak mutlak diinginkan)

3.11 Requirement Elicitation Tahap – III


T
O
E
L
M
H
L
M
H
L
M
H
Functional

ANALISA KEBUTUHAN

Saya ingin sistem dapat :
1.
Menampilkan Menu Utama

ü


ü


ü

2.
Menampilkan Halaman Administrator


ü


ü


ü
3.
Menampilkan Halaman User
ü


ü


ü


4
Menampilakan berita seputar Islam Yappida
ü


ü


ü


5.
Menampilkan data Administrator


ü


ü


ü
7.
Menampilkan Menu Password


ü


ü


ü
8.
Menampilkan Ubah Password


ü


ü


ü
9.
Menampilkan form inputan data guru

ü


ü


ü

10.
Menampilkan report data guru

ü


ü


ü

11.
Menampilkan form inputan data kelas

ü


ü


ü

12.
Menampilkan report  data kelas

ü


ü


ü

13.
Menampilkan form input data mata pelajaran

ü


ü


ü

14.
Menampilkan report data mata pelajaran

ü


ü


ü

15.
Menampilkan form input kepastian hari mengajar guru

ü


ü


ü

16.
Menampilkan Report kepastian hari mengajar guru

ü


ü


ü

17.
Menampilkan Form input jadwal kegiatan belajar mengajar

ü


ü


ü

18.
Menampilkan Report jadwal kegiatan belajar mengajar


ü


ü


ü
19.
Menampillkan search engine

ü


ü


ü

20.
Manampilkan tombol simpan

ü


ü


ü

21.
Manampilkan tombol tambah

ü


ü


ü

22.
Manampilkan tombol edit/ubah

ü


ü


ü

23.
Manampilkan tombol hapus

ü


ü


ü

24.
Menampilkan inout kurikulum


ü

ü


ü

25.
Menampilkan Report Kurikulum


ü


ü


ü
26.
Menampilkan tombol cetak
ü


ü



ü

27.
Menampilkan Logo sekolah

ü


ü


ü

28.
Menampilkan Nama Sekolah
ü


ü


ü


29.
Menampilkan Judul Sistem yang berjalan

ü


ü

ü


30.
Menampilkan tampilan guru_kelas

ü


ü

ü


31.
Menampilkan Silabus yang berlaku

ü


ü



ü
32.
Menampilkan Tombol Detail

ü


ü


ü

Non Functional

ANALISA KEBUTUHAN

Saya ingin sistem dapat :
1.
Komputer
ü


ü


ü


2.
User
ü


ü


ü


3.
Printer
ü


ü


ü


4.
Ms. Office

ü


ü


ü

5.
Scanner

ü


ü


ü

6.
Blog / Wordpress/ DAD / visual pradigm


ü


ü


ü
7.
LAN

ü


ü


ü

8.
Membutuhkan 1 menit untuk input data

ü


ü


ü

9.
Mencetak data dalam waktu 1 menit

ü


ü


ü

10.
Membutuhkan password


ü


ü


ü
11.
Membutuhkan antivirus

ü


ü


ü

12.
Report error


ü


ü


ü

Keterangan :
T    :  Technical
O   :  Operational
E    :  Economic
L    :  Low
M  :  Middle
H   :  High
3.12 Requirement Elicitation - Final Draft
Functional

ANALISA KEBUTUHAN

Saya ingin sistem dapat :
1.
Menampilkan Menu Utama
2.
Menampilkan Halaman Administrator
3.
Menampilkan Halaman User
4
Menampilakan berita seputar Islam Yappida
5.
Menampilkan data Administrator
7.
Menampilkan Menu Password
8.
Menampilkan Ubah Password
9.
Menampilkan form inputan data guru
10.
Menampilkan report data guru
11.
Menampilkan form inputan data kelas
12.
Menampilkan report  data kelas
13.
Menampilkan form input data mata pelajaran
14.
Menampilkan report data mata pelajaran
15.
Menampilkan form input kepastian hari mengajar guru
16.
Menampilkan Report kepastian hari mengajar guru
17.
Menampilkan Form input jadwal kegiatan belajar mengajar
18.
Menampilkan Report jadwal kegiatan belajar mengajar
19.
Menampillkan search engine
20.
Manampilkan tombol simpan
21.
Manampilkan tombol tambah
22.
Manampilkan tombol edit/ubah
23.
Manampilkan tombol hapus
24.
Menampilkan inout kurikulum
25.
Menampilkan Report Kurikulum
26.
Menampilkan tombol cetak
27.
Menampilkan Logo sekolah
28.
Menampilkan Nama Sekolah
29.
Menampilkan Judul Sistem yang berjalan
30.
Menampilkan tampilan guru_kelas
31.
Menampilkan Silabus yang berlaku
32.
Menampilkan Tombol Detail
Non Functional

ANALISA KEBUTUHAN

Saya ingin sistem dapat :
1.
Komputer
2.
User
3.
Printer
4.
Ms. Office
5.
Scanner
6.
Blog / Wordpress/ DAD / visual pradigm
7.
LAN
8.
Membutuhkan 1 menit untuk input data
9.
Mencetak data dalam waktu 1 menit
10.
Membutuhkan password
11.
Membutuhkan antivirus
12
Report error



3.13     Implementasi Kegiatan
Berikut merupakan skema implementasi kegiatan dalam penyelesaian skripsi :  




Tabel 4.24. Implementasi Kegiatan

4.3.6.    Implementasi Kebutuhan Biaya
 Sistem konfigurasi Biaya :
No
Kebutuhan
Jumlah
Satuan
Harga
1
Processor
1
Set
3.150.000,-
2
Monitor
1
Set
1.546.000,-
3
Mouse
1
Set
   50.000,-
4
Keyboard
1
Set
   75.000,-
5
Printer
1
Set
365.000,-
6
Software


1.000.000,-
Total
6.186.000,-
Tabel 4.25 Implementasi Kebutuhan Biaya




PENUTUP
Kesimpulan  
Dari uraian diatas maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut:
  1. Sistem rencana jadwal KBM yang berjalan masih belum terkomputerisasi secara utuh, aktivitas – aktivitas dilakukan masih banyak melibatkan form – form yang digunakan untuk pencatatan, peran komputer untuk menunjang kinerja sistem yang sedang berjalan hanya dijadikan sebagai alat penyimpanan data dan proses pengetikan data. Sehingga kinerja dari komputer tidak terpakai secara optimal.
  2. Kendala yang sering dihadapi oleh bidang kurikulum pada SMP Islam Yappida  adalah seringnya terjadi penumpukan data yang sama atau redudansi pada saat pembuatan rencana jadwal kegiatan belajar mengajar dan kurangnya tenaga pengajar yang tersedia, memposisikan guru – guru agar sesuai dengan kelas yang tersedia dan materi yang ada pada kurikulum yang telah ditentukan oleh DEPDIKNAS. Sehingga dalam pembuatan jadwal kegiatan belajar mengajar tidak efektif dan efisien.
Saran
Setelah melakukan penelitian dan menulis laporan hasil penelitian, maka penulis mencoba untuk mengemukakan beberapa saran sebagai berikut:
  1. Lebih meningkatkan kembali sarana, prasarana dan teknologi informasi yang ada untuk dapat mendukung sistem yang berjalan.
  2. Mengoptimalkan kembali sumber daya yang ada, agar sistem yang berjalan menjadi lebih efektif dan efisien di dalam hal pengolahan data.
  3. Melakukan sosialisasi terhadap user, admin ataupun pihak yang akan menggunakan sistem ini.
  4. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk pengembangan sistem selanjutnya.
  5. Untuk menghindari kesalahan dan ketidak akuratan dalam menyelesaikan laporan, maka sebaiknya menyiapkan/mempekerjakan tenaga dengan latar belakang IT, sehingga segala proses mengenai pembayaran dapat diselesaikan dengan baik pula.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar