LAPORAN AWAL ANALISA SISTEM INFORMASI
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJADWALAN KEGIATAN
BELAJAR MENGAJAR DI SMP ISLAM YAPPIDA
Kelas : SI103B
Dibuat oleh :
(nama
kelompok dan nim)
PERGURUAN TINGGI
RAHARJA
Jl. Jendral Sudirman
No. 40 Modern Cikokol – Tangerang 15117
Telp. (021) 5529692,
5529586 Fax. (021) 5529742
Website : www.raharja.ac.id
KATA
PENGANTAR
Segala
puji dan syukur penulis panjatkan kehadiran Allah SWT sebagai ucapan terima
kasih penulis atas karunia dan petunjuk serta membimbing penulis dari awal
hingga dapat menyusun dan menyelesaikan laporan ini, dengan judul “Perancangan Sistem Informasi Penjadwalan
Kegiatan Belajar Mengajar Di SMP Islam Yappida”
Pembuatan
Laporan ini dilakukan penulis dengan Observasi langsung dan riset ke tempat
instansi tersebut.
Tujuan
dari pembuatan Laporan ini adalah laporan awal analisa system informasi pada mata kuliah analisis system informasi
yang diampuh oleh Meta Amalya Dewi, M.Kom.
Waktu
penyelesaian laporan ini dirasa sangat singat bagi penulis yang selain seorang
mahasiswa/i juga sebagai seorang pekerja. Walau sedikit sulit untuk membuat
laporan analisa dalam bentuk yang sempurna, namun penulis optimis jika laporan
ini dapat penulis selesaikan dalam waktu yang telah ditentukan.
Dalam
penyusunan Laporan ini, penulis banyak menerima bantuan dan dorongan baik
secara moril maupun materil serta bimbingan dan semangat dari semua pihak.
Penulis menyadari tanpa adanya bimbingan dan dorongan tersebut, laporan ini
tidak akan dapat terselesaikan dan tepat pada waktunya.
Penulis
menyadari dalam penyajian dan penyusunan laporan ini masih terdapat kekurangan
dan kesalahan. Oleh karena itu, kritik dan saran mengenai penelitian ini yang
sifatnya membangun sangat penulis harapkan.
Akhir kata, semoga laporan ini dapat memberikan
manfaat bagi pembaca dan dapat menjadi bahan acuan yang bermanfaat dikemudian
hari.
Tangerang, Maret 2015
Penulis
|
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
|
Dibalik itu semua, ada
hambatan yang terbentang dalam pengembangan inovasi-inovasi ini. Yang pertama ialah tidak meratanya
pembangunan teknologi informasi di Indonesia. Sudah menjadi rahasia umum bahwa
pembangunan yang terjadi di pulau Jawa relatif lebih banyak dibandingkan
pembangunan yang terjadi di luar pulau jawa. Hal ini mengakibatkan terjadinya
kesenjangan pendidikan dan infrastruktur disetiap sekolah.
Hal kedua yang
menjadi hambatan sekaligus tantangan ialah sifat Internet. Sifat dari internet
itu seperti hitam dan putih, internet bisa memberikan dampak baik dan juga
dampak buruk untuk generasi pemuda/i Indonesia. Di internet peserta didik bisa
mendapatkan informasi yang baik tentang pendidikan dan budaya. Akan tetapi, di
internet juga menawarkan kesenangan sesaat dan menimbulkan ketagihan yang luar
biasa yang kurang manfaatnya, malah memberikan dampak buruk. Sehingga faktor
yang sangat penting dalam rangka menyukseskan teknologi informasi sebagai
inovasi pendidikan ialah kesiapan semua pihak dalam menerima kecanggihan
teknologi. Dan dalam hal ini, pemerintah
harus turut andil dalam mengawasi dan pemberikan dana pembangun teknologi
informasi di seluruh penjuru Indonesia, serta menyelesaikan sebuah kurikulum
yang baik untuk tercapainya hal ini. Selain itu harus ada pihak – pihak yang
harus disiapkan terlebih dahulu yaitu Pihak sekolah siap untuk membangun
infrastruktur teknologi informasi di sekolah, Pendidik siap untuk menjadi
fasilitator dan pembimbing peserta didik dengan media dan fasilitas yang
diberikan oleh teknologi informasi, baik dalam hal metode pembelajaran dan
strategi pembelajaran. Dan siswa, sebagai peserta didik harus mampu untuk lebih
semangat, lebih termotivasi, dan disiplin dalam belajar.
Rencana
pembelajaran merupakan elemen penting dalam proses pembelajaran. Rencana
didesain dengan cermat dan komprehensif akan memberikan pengaruh positif
terhadap pembelajaran siswa. Tujuan utama dari perencanaan ini adalah untuk
menjamin tercapainya pembelajaran siswa. Oleh karena itu, perencanaan yang baik juga membantu guru dan
mengatur alur dan urutan pengajaran serta dalam mengelola waktu dan memberikan
pengalaman belajar yang dibutuhkan siswa.
SMP Islam Yappida yang beralamat Jl. Samudra Raya No. 45, RT. 01/06 Kelurahan Kunciran Indah, Kec. Pinang
Kota Tangerang merupakan sekolah swasta favorit, banyak masyarakat Tangerang yang ingin
mendaftarkan putra–putrinya untuk meneruskan sekolah di SMP Islam Yappida.
Untuk proses belajar-mengajar di SMP Islam Yappida menggunakan standar nasional yang sudah ditetapkan oleh Departemen
Pendidikan Nasional ( DEPDIKNAS). Di SMP Islam Yappida untuk sistem informasi rencana jadwal kegiatan belajar mengajar
masih menggunakan sistem yang manual
yang dikerjakan oleh bidang kurrikulum. Dan kendala yang sering dihadapi oleh
bidang kurrikulum adalah mengposisikan guru-guru agar sesuai dengan kelas yang
tersedia dan materi yang ada pada kurrikulum yang telah ditentukan oleh
Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS) dan sering terjadi penggandaan data
sehingga terjadi redudansi data. Sehingga didalam pembuatan jadwal kegiatan
belajar mengajar tidak efisien dan efektif.
Atas latar balakang
tersebut di atas penulis tertarik untuk meneliti bagaimana proses data jadwal
kegiatan belajar mengajar (KBM) yang sedang berjalan pada SMP Islam Yappida.
Hal ini akan menjadi langkah awal bagi pembuatan data penjadwalan kegiatan
belajar mengajar yang lebih cepat dan tepat.
Berdasarkan latar
belakang di atas, maka dalam penulisan laporan ini penulis mengambil judul
“Perancangan Sistem Informasi Penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar Di SMP
Islam Yappida”.
1.2 Perumusan
Masalah
Berdasarkan uraian di atas maka dapat ditarik pokok
permasalahan yaitu :
1.
Bagaimana proses sistem penjadwalan kegiatan
belajar mengajar (KBM) pada SMP Islam
Yappida ?
2.
Apakah sistem penjadwalan kegiatan belajar
mengajar (KBM) pada SMP Islam Yappida ini masih menemui kendala di dalam
pelaksanaannya ?
3.
Bagaimana
merancang sistem informasi rencana penjadwalan kegiatan belajar mengajar pada
SMP Islam Yappida?
1.3 Ruang
Lingkup Penelitian
Pembahasan
dispesifikasikan pada permasalahan yang diteliti, yaitu pada prosedur-prosedur,
dari input data guru, kelas, waktu belajar dan mata pelajaran sampai pembuatan
laporan serta analisa yang berhubungan dengan rencana penjadwalan kegiatan
belajar mengajar (KBM) pada SMP Islam Yappida.
1.4 Tujuan
dan Manfaat Penelitian
Dari uraian di atas penulis mempunyai beberapa tujuan
antaranya :
1.4.1 Tujuan Penelitian
Dalam penulisan laporan ini, penulis mempunyai tujuan
antara lain :
1. Tujuan Operasional
Untuk mengetahui proses dalam sistem
penjadwalan kegiatan belajar mengajar (KBM) pada SMP Islam Yappida.
2. Tujuan Fungsional
a.
Membantu
dalam mengolah data yang cepat dan efisien dalam menghasilkan informasi.
b.
Membantu
mengurangi kesalahan dalam pencatatan yang dilakukan menggunakan aplikasi
standar.
3. Tujuan Individual
a.
Menambahkan
wawasan dan ilmu pengetahuan
penulis.
b.
Melatih
kreativitas penulis agar tanggap terhadap lingkungan sekitar
1.4.2 Manfaat Penelitian
Manfaat nyata yang didapat dari penelitian
ini adalah:
1.
Bagi
Sekolah
Memberikan solusi untuk permasalahan yang terdapat dalam sistem rencana jadwal kegiatan belajar mengajar (KBM) pada SMP Islam Yappida.
2.
Bagi
Penulis
Untuk mengembangkan
pola berfikir ilmiah yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan
3.
Bagi
Pihak Lain
Dapat berguna bagi mahasiswa/i khususnya dan masyarakat pada umumnya
1.5 Metodologi
Penelitian
1.5.1
Pengumpulan Data
Dalam hal ini metodologi penelitian yang
digunakan adalah dengan cara
mengumpulkan dan menggambarkan data secara langsung dari lapangan atau tepatnya
yang menjadi objek penelitian untuk mendapatkan data secara relevan.
Teknik pengumpulan
data yang penulis lakukan dalam mencari dan mengumpulkan data serta mengolah
informasi yang diperlukan menggunakan beberapa metode sebagai berikut :
1.
Wawancara
Adalah metode untuk
mendapatkan data dengan cara mewawancarai secara lisan kepada bidang kurikulum
mengenai kekurangan dan kelebihan terhadap rencana jadwal kegiatan belajar mengajar (KBM) yang sedang berjalan.
2.
Observasi
Adalah metode
pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan secara langsung pada objek
yang diteliti yaitu SMP Islam Yappida dan meminta data yang diperlukan sebagai
bahan untuk menulis laporan penelitian.
3.
Analisis
Dokumen
Teknik ini
dilakukan dengan mempelajari material yang menggambarkan sistem yang sedang
berjalan. Biasanya dokumen yang diamati berupa form,laporan,manual
kebijakan,grafik organisasi
1.5.2 Metode Analisis
Pada Penelitian ini, metode analisis
dilakukan dengan tahapan-tahapan sebagai
berikut :
1.
Melakukan
evaluasi yang luas serta logis terhadap sistem yang berjalan saat ini. Evaluasi
ini dilakukan dengan 6 (enam) tahapan kegiatan yaitu:
a.
Menentukan
objektif/tujuan
b.
Mempelajari
Organisasi
c.
Menganalisis
output yang sudah ada
d.
Menyelidiki
sistem dan prosedur yang berjalan saat ini
e.
Menyelidiki
kebutuhan input, dan
f.
Mengevaluasi
sistem yang berjalan saat ini
2.
Menentukan
urutan-urutan analisis Rencana Penjadwalan kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan menetapkan cakupannya.
3. Melakukan analisis terhadap sasaran dan
masalah, Critical Success factory (CSFs).
1.5.3 Sumber
Data
1. Sumber
data primer
Adalah data yang diperoleh
secara langsung dari SMP Islam Yappida, baik melalui observasi maupun melalui
pengumpulan data baik yang ada dibidang kurikulum maupun sekolah itu sendiri.
2. Sumber
data sekunder
Adalah data yang dikumpulkan oleh penulis dengan
mempelajari buku-buku, dan sumber-sumber data lainnya yang berkaitan dengan
objek penelitian yang dipilih.
1.5.4 Metode Perancangan
Dalam metode
perancangan ini, menggunakan UML (
Unified Modelling Language) diantaranya yang digunakan Use Case Diagram,
Class Diagram, Sequence Diagram, spesifikasi basis data, normalisasi,
spesifikasi proses, dan kamus data
1.6 Sistematika
Penulisan
Untuk memahami lebih jelas mengenai
laporan ini, penulis mengelompokkan laporan ini menjadi beberapa sub–sub dengan
sistematika penulisan sebagai berikut :
Bab ini terdiri dari latar belakang masalah,
perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian,
metode penelitian serta sistematika penulisan.
PEMBAHASAN
Bab
ini menjelaskan tentang gambaran umum SMP Islam Yappida, sejarah,wewenang dan
tanggung jawab, struktur organisasi, urutan prosedur system berjalan, analisa
batasan, analisa kelebihan dan kekurangan system berjalan, analisa masalah,analisa
control, analisa perangkat system, alternative pemecahan masalah, requirement elicitacion, dan usulan
prosedur yang baru.
PENUTUP
Bab ini merupakan bab terakhir yang berisi kesimpulan
dari hasil analisis dan rancangan sistem yang dilakukan serta saran-saran yang
diberikan untuk lebih memaksimalkan kinerja sistem yang diusulkan.
LAMPIRAN
PEMBAHASAN
3.1. Analisa Organisasi
3.1.1.
Gambaran Umum SMP Islam Yappida
Sekolah Menengah
Pertama (SMP) Islam Yappida adalah Sekolah swasta yang beralamat di Jl.
Samudra Raya No. 45, RT. 01/06 Kelurahan Kunciran Indah Kec. Pinang Kota
Tangerang, Banten. Dan Pada tahun 2000
sampai tahun 2013 sudah Terakreditasi B
dan mulai sebagai Rintisan Sekolah
Katagori Mandiri (SKM) dengan menerapkan pembelajaran berbasis multi media.
Kini SMP Islam Yappida menjadi pilihan alternatif bagi siswa/orang tua siswa
yang ingin memperoleh pendidikan yang lebih baik mengingat di sekolah ini terdapat
fasilitas penunjang pendidikan yang memadai bahkan memiliki beberapa kelebihan
dari sekolah lain yang setingkat dan ditunjang dengan guru-guru yang
berkualitas. Adapun fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang kegiatan belajar
mengajar (KBM) antara lain :
a.
Fasilitas Penunjang Pendidikan
-
Gedung berlantai 2
-
1 (satu) ruang laboratorium komputer Pentium IV
-
Jaringan internet 24 jam di semua unit komputer (hotspot)
-
Perpustakaan
-
Radio Sekolah
-
Ruang audio dan Video Visual
-
Aula
-
Koperasi Sekolah
-
Kantin Sekolah
-
Masjid Al-Muhajirin
-
Sarana Olahraga lainnya.
b.
Ekstrakulikuler
-
Paskibra
-
Futsal
-
Marawis
-
Sepak Bola
-
Pencak Silat
c.
Tenaga Pengajar
Tenaga Pengajar terdiri dari :
-
Guru tetap Yayasan
-
Guru Honorer
Jumlah guru : 19 guru Lulusan S1
Jumlah Karyawan : 5 Orang
d.
Waktu Belajar
Masuk
Pagi pukul 06.30 s.d 12.15 WIB
e.
Lokasi
SMP
Islam Yappida mempunyai lingkungan hijau, bersih dan rindang dalam area seluas
500 m yang berlokasi di Kunciran Pinang Tangerang. SMP Islam Yappida mudah
dijangkau terletak di pinggir jalan utama kota Tangerang.
3.1.3.
Struktur Organisasi
Bendahara
|
Ka.
Tata Usaha
|
PKS.
Kurikulum
|
PKS.
Kesiswaan
|
PKS.
Sarana / Prasarana
|
Koordinator
BP
|
Guru
|
Wali
Kelas
|
KA.Humas
|
Siswa
–Siswi SMP Islam Yappida
|
Kepala
Sekolah
|
Komite
Sekolah
|
Gambar 3.1
Struktur Organisasi
Keterangan
= Garis komando
= Garis koordinasi
3.1.4. Tugas dan
Wewenang
1.
Komite
Sekolah
Komite sekolah merupakan kumpulan dari perwakilan
dari para walikelas yang dipercaya dapat membantu baik bagi sekolah maupun bagi
para siswa. Komite Sekolah berfungsi antara lain sebagai berikut :
a.
Menyampaikan aspirasi para wali murid dengan pihak sekolah
b.
Mengawasi jalannya pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar
c.
Mengawali pengeluaran keuangan sekolah
d.
Mengawali Pembangunan Sarana dan prasarana sekolah
2.
Kepala
Sekolah
a.
Mengatur, mengarahkan, membimbing
dan mengawali semua kegiatan pendidikan
b.
Mengkoordinir semua kegiatan
kependidikan sesuai program kerja sekolah dan ketentuan berupa
instruksi-instruksi atasan
c.
Menyusun laporan kependidikan
sebagai laporan pertanggung jawaban secara tertulis menurut prosedur yang
berlaku
d.
Menjalin hubungan baik dengan instansi
pemerintah dan lembaga-lembaga pendidikan lainnya, komite sekolah, dan komponen
masyarakat, orang tua siswa dan lingkungan sekitarnya
e.
Mengadakan rapat-rapat dinas
sekolah, rapat-rapat rutin bulanan dan mengambil/menentukan keputusan melalui
musyawarah baik dalam rapat dinas staff maupun dalam rapat pembantu urusan /
staff TU
f.
Mengawasi secara menyeluruh
pelaksanaan kurrikulum sekolah dan kegiatan EKSKUL
g.
Melaksanakan pembinaan personal
baik secara kelompok maupun secara perorangan
3.Ka. Tata usaha
a.
Menyusun dan melaksanakan program Tata Laksana surat menyurat
b.
Menyelenggarakan Tata laksana keuangan sekolah
c.
Menyelenggarakan Tata laksanakan Kepegawaian
d.
Menyusun dan menyajikan data/static sekolah
e.
Menyusun laporan kegiatan dan penyusunan Tugas Tata Usaha Sekolah
f.
Dan lain-lain yang berkaitan dengan kegiatan ketata usahaan
4.Bendahara
a.
Bersama-sama wakil sekolah dan
kepala sekolah menyusun RAPBS
b.
Menerima uang setoran SPP dan IPP
dari petugas penerima SPP dan IPP
c.
Menyimpan uang ke dalam brangkas
d.
Mengisi buku atau membuat buku kas
harian dan buku kas umum
e.
Melaporkan keadaan keuangan kepada
kepala sekolah
f.
Mempertanggung jawabkan keluar
masuk uang dan keberadaan uang
5.PKS. Kurikulum
a.
Membagi tiga mengajar sesuai
dengan kemampuan dan kecakapan Guru
b.
Mengatur hubungan korelatif antara
siswa yang satu dengan siswa yang lainnya
c.
Menentukkan batas-batas atau
target kurrikulum dalam satu catur wulan/tahunan
d.
Menentukkan buku pegangan Guru
atau sisiwa dan perpustakaan sekolah
e.
Menentukkan waktu untuk evaluasi
balajar dan melaksanakannya
f.
Kunjungan-kunjungan dalam rangka
studi
g.
Menentukkan alat-alat Bantu
belajar termasuk diantaranya alat peraga
h.
Tugas-tugas lain yang mendukung Kegiatan Belajar Mengajar
6.
PKS.
Kesiswaan
a.
Menyusun Program Pembinaan
Kesiswaan (OSIS), memberikan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan
siswa atau OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah
b.
Penyusunan kegiatan siswa atau
OSIS secra insidentil maupun berkala
dan mengusahakan peningkatan kualitas siswa berbakat
c.
Pengarahan dan pemilihan pengurus
OSIS serta menentukkan langkah-langkah pembinaan pengurus OSIS dalam
berorganisasi
d.
Perencanaan dan pelaksanaan
aktifitas siswa berupa :
l
Class meeting ( pertemuan kelas)
l
Upacara-upacara hari besar
l
Karyawisata bersama
l
Pramuka, PMR, Paskibra, dan sebagainnya
7.PKS. Sarana /Prasarana
a.
Menyusun dan menyediakan
perlengkapan
b.
Merencanakan Penambahan ruang kelas baru/bangunan sekolah
c.
Mengatur dan mengelola pemanfaatan
bangunan sekolah
d.
Pemeliharaan bangunan,
perlengkapan, halaman, pertamanan, kebersihan, dan keamanan sekolah
e.
Tugas lainnya yang berhubungan
dengan sarana prasarana sekolah
8.KA. Humas
a.
Menyusun dan melaksanakan program
kerja
b.
Mengadakan hubungan interaksi
antara sekolah dengan orang tua,masyarakat dan Pemerintah
c.
Pendayagunaan sumber daya
lingkungan
9.Koordinator Bimbingan
dan Penyuluhan atau Bimbingan karir
a.
Penyusunan dan pelaksanaan program
BP, menentukan metoda bimbingan dan penyuluhan, peralatan, teknik pengolahan
data hasil BP tersebut, serta langkah-langkah operasionalnya.
b.
Mengadakan koordinasi dengan guru,
wali kelas, pengurus OSIS, orang tua murid dalam rangka pelaksanaan bimbingan
c.
Menyusun dan memberikan saran
serta pertimbangan dalam rangka pemilihan jurusan atau program pendidikan
d.
Mengadakan eveluasi pelaksanaan BP
serta menyusun static hasil bimbingan
e.
Dan lain-lain yang berhubungan
dengan kegiatan kesiswaaan dan BP
10.
Guru
a.
Memahami dan menghayati isi GBPP
dengan mata pelajaran
b.
Memahami dan menghayati isi
kurikulum, khususnya pada mata
pelajaran yang diajarkan
c.
Melaksanakan program sistem penilaian
d.
Melaksanakan program remedial dan
pengayaan
e.
Melaksanakan evaluasi program pengajaran
f.
Menetapkan standar ketuntasan belajar minimum
g.
Melaksanakan tindak lanjut program pengajaran
h.
Melaporkan pelaksanaan tugas kepada kepala sekolah
11.
Wali
Kelas
a.
Mengetahui tugas pokok :
Ø
Mewakili Orang Tua dan kepala sekolah dalam lingkungan kelasnya
Ø
Meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Ø
Membantu Pengembangan kecerdasan
Ø
Membentuk pengembangan ketrampilan
Ø
Mempertinggi budi pekerti dan memperkuat kepribadian
b.
Mengetahui jumlah anak didik
c.
Mengetahui identitas anak didik, antara lain dengan cara memanggil
seseorang demi seseorang anak didiknya untuk menyesuaikan isi kartu pribadi
dengan keadaan yang sebenarnya
d.
Mengetahui kehadiran anak didik setiap harinya
e.
Mengetahui masalah-masalah anak didik (pelajaran, ekonomi, social dll)
f.
Mengambil tindakan-tindakan untuk mengatasi masalah
g.
Memperhatikan buku rapor, kenaikan, kelulusan
h.
Memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan anak didik
i.
Membina suasana kekeluargaan
j.
Melaporkan kepada sekolah
12.
Siswa
– Siswi
Siswa berkewajiban memenuhi segala
kewajiban dan peraturan yang berlaku di sekolah, seorang siswa yang telah
melunasi atau membayar segala kewajiban dapat diterima sebagai siswa,
diantaranya harus sudah melunasi uang pendaftaran, uang bangunan, uang OSIS,
uang MOS, dan uang SPP.
3.2
Urutan
Prosedur Sistem Berjalan
Urutan
prosedur system yang berjalan dalam pembuatan Rencana Jadwal Kegiatan Belajar
Mengajar pada SMP Islam Yappida, anatara lain :
1.
Pembuatan form pernyataan yang dilakukan oleh Staff Tata Usaha (TU)
2.
Memberian form pernyataan kepada Guru yang dilakukan oleh Staff TU
3.
Mengisi form pernyataan yang dilakukan oleh Guru
4.
Memberikan form pernyataan yang telah diisi kepada Staff Kurikulum yang
dilakukan oleh Guru
5.
Membuat Pembagian Tugas Mengajar
6.
Membuat KHM yang dilakukan oleh Staff Kurikulum
7.
Memberikan KHM kepada Guru yang dilakukan oleh Staff Kurikulum
8.
Mengisi KHM yang dilakukan oleh Guru
9.
Memberikan KHM yang telah diisi kepada Staff Kurikulum yang dilakukan
oleh Guru
10. Membuat jadwal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang
dilakukan oleh Staff Kurikulum
11. Memberikan jadwal KBM kepada kepala sekolah yang
dilakukan oleh Staff Kurikulum
12. Membuat acc jadwal KBM yang dilakukan oleh Kepala
Sekolah
13. Memberikan acc jadwal KBM kepada Staff Kurikulum,
Staff TU, dan Guru yang dilakukan oleh Kepala Sekolah
14. Membuat Surat Keputusan (SK) yang dilakukan oleh
kepala Sekolah
15. Memberikan SK kepada Guru yang dilakukan oleh Kepala
Sekolah
3.3 Analisa
Batasan
Setiap sistem
mempunyai batasan sistem (boundary) yang memisahkan sistem dengan
lingkungan luarnya. Kesatuan luar merupakan kesatuan diluar sistem yang dapat
berupa orang, organisasi, atau sistem lainnya yang memberikan input atau
menerima output dari sistem.
Melihat permasalahan yang ada pada
sistem saat ini, maka penelitian dibatasi pada penginputan data guru, kelas,
mata pelajaran, waktu belajar sampai
pembuatan laporan serta analisa yang berhubungan dengan rencana penjadwalan kegiatan
belajar mengajar (KBM) pada SMP Islam Yappida.
3. 4 Analisa Kelebihan
dan Kekurangan Sistem berjalan
Melalui penelitian ini, dapat
disimpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan sistem yang ada saat ini
diantaranya sebagai berikut :
1. Kelebihan dari Sistem Pengajuan rencana
jadwal kegiatan belajar mengajar saat ini bisa dikatakan hanya menghemat biaya
karena semua dilakukan masih secara manual atau hanya menggunakan aplikasi office saja.
2. Adapun kekurangan dari Sistem rencana jadwal
kegiatan belajar mengajar saat ini
sulitnya menposisiskan guru, mengatur kelas dan mata pelajaran agar tidak
terjadi bentrok.
3.5
Analisa Masalah
Berdasarkan analisa yang dilakukan
di bagian Kurikulum pada SMP Islam Yappida yaitu dalam Sistem informasi rencana
jadwal kegiatan belajar mengajarnya masih ditemukan masalah. Salah satunya adalah
kurangnya Sumber daya manusia untuk mengajar, sistem yang digunakan masih
menggunakan sistem manual sehingga membuat rencana jadwal belajar mengajar
kurang efektif dan efisiens, masih sering menghadapi redudansi atau penumpukan
data pada saat pembuatan jadwal kegiatan belajar mengajar, kurang bagusnya
prosedur yang digunakan pada input data guru, kelas dan waktu belajar.
3.6 Analisa
Kontrol
- Analisa Input
Pada sistem yang berjalan Kontrol input
belum ada.
- Analisa Proses
Pada sistem yang berjalan dibawah ini untuk masalah
control proses, masih dilakukan secara manual dengan mencocokan data
kesangggupan hari mengajar yang dilakukan guru dengan mata pelajaran dan kelas
yang ada.
- Analisa Output
Pada
sistem yang berjalan untuk masalah kontrol output, tidak ada.
Jadi bisa
diambil suatu kesimpulan bahwa pada Sistem Rencana Jadwal Kegiatan Belajar
Mengajar yang berjalan saat
ini tidak ada pengontrolan yang jelas karena sistem masih dilakukan secara
manual. Oleh karena itu,
dengan adanya pembangunan sistem ini, diharapkan adanya pengontrolan sistem
dengan jelas sehingga sistem dapat berjalan dengan baik.
3.7 Analisa Perangkat Sistem
1. Perangkat Keras ( Hardware )
Ukuran standar (minimal) perangkat keras yang digunakan dalam pengoperasian
Sistem Surat Permintaan Pembayaran yang akan dibuat yaitu sebagai berikut :
a. Processor
: Intel
Pentium IV
b. RAM : 512MB
c. Harddisk : 80 GB
2. Perangkat
Lunak (Software)
a. Microsoft
Windows 8
b. Microsoft
Office
Ø Microsoft Word
Ø Microsoft Exel
3. Brainware
Untuk
mengoperasikan sistem dilakukan langsung oleh para Staff Kurikulum, Kepala
Sekolah, yang bertindak sebagai admin dan Guru serta Staff TU yang
bertindak sebagai user.
3.8 Alternatif
Pemecahan Masalah
Berdasarkan analisa
dari segi kekurangan dan kebutuhan dari bagian keuangan saat ini, pengembangan
terhadap sistem hendaknya :
1. Dapat menampilakan table inputan untuk mempermudah penginputan
data.
2. Dapat menampilkan report hasil dari inputan.
3. Layout sistem harus dibuat lebih
fleksibel dan sederhana sehingga membuat user lebih nyaman dalam
menggunakan sistem tersebut atau dikatakan user friendly.
4. lebih
meningkatkan teknologi untuk mendukung sistem yang berjalan.
5. mengoptimalkan
suber daya yang berjalan menjadi efektif dan efisien dalam pengolahan data.
6. melakukan
sosialisasi terhadap dewan guru dan staff Adm mengenai teknologi sistem yang
berjalan.
7. memperbarui
sistem yang sedang berjalan disekolah.
Menganalisa kebutuhan tersebut dapat diambil
elicitasi sebagai berikut :
3.9 Requirement Elicitation Tahap - I
Functional
|
|
|
ANALISA
KEBUTUHAN
|
|
Saya
ingin sistem dapat :
|
1.
|
Menampilkan Menu Utama
|
2.
|
Menampilkan Halaman Administrator
|
3.
|
Menampilkan Halaman User
|
4
|
Menampilakan berita seputar Islam Yappida
|
5.
|
Menampilkan data Administrator
|
6.
|
Menampilkan data User
|
7.
|
Menampilkan Menu Password
|
8.
|
Menampilkan Ubah Password
|
9.
|
Menampilkan form inputan data guru
|
10.
|
Menampilkan report data guru
|
11.
|
Menampilkan form inputan data kelas
|
12.
|
Menampilkan report data kelas
|
13.
|
Menampilkan form input data mata pelajaran
|
14.
|
Menampilkan report data mata pelajaran
|
15
|
Menampilkan input data agenda
kelas
|
16.
|
Menampilkan report data agenda
kelas
|
17.
|
Menampilkan form input kepastian hari mengajar guru
|
18.
|
Menampilkan Report kepastian hari mengajar guru
|
19.
|
Menampilkan Form input jadwal kegiatan belajar mengajar
|
20.
|
Menampilkan Report jadwal kegiatan belajar mengajar
|
21.
|
Menampillkan search engine
|
22.
|
Manampilkan tombol simpan
|
23.
|
Manampilkan tombol tambah
|
24.
|
Manampilkan tombol edit/ubah
|
25.
|
Manampilkan tombol hapus
|
26.
|
Menampilkan inout kurikulum
|
27.
|
Menampilkan Report Kurikulum
|
28.
|
Menampilkan tombol cetak
|
29.
|
Menampilkan Logo sekolah
|
30.
|
Menampilkan Nama Sekolah
|
31.
|
Menampilkan Judul Sistem yang berjalan
|
32.
|
Menampilkan tampilan guru_kelas
|
33.
|
Menampilkan Silabus yang berlaku
|
34.
|
Menampilkan Tombol Detail
|
Non Functional
|
|
|
ANALISA KEBUTUHAN
|
|
Saya ingin sistem dapat :
|
1.
|
Komputer
|
2.
|
User
|
3.
|
Printer
|
4.
|
Ms. Office
|
5.
|
Scanner
|
6.
|
Blog / Wordpress/ DAD / visual pradigm
|
7.
|
LAN
|
8.
|
WAN
|
9.
|
Membutuhkan 1 menit untuk input data
|
10.
|
Mencetak data dalam waktu 1 menit
|
11.
|
Membutuhkan password
|
12.
|
Membutuhkan antivirus
|
13.
|
Report error
|
|
3.10Requirement Elicitation
Tahap – II
|
M
|
D
|
I
|
|
Functional
|
|
|
|
|
|
ANALISA KEBUTUHAN
|
|||
|
Saya ingin sistem dapat :
|
|||
1.
|
Menampilkan Menu Utama
|
ü
|
|
|
2.
|
Menampilkan Halaman Administrator
|
ü
|
|
|
3.
|
Menampilkan Halaman User
|
|
ü
|
|
4
|
Menampilakan berita seputar Islam Yappida
|
|
|
ü
|
5.
|
Menampilkan data Administrator
|
ü
|
|
|
6.
|
Menampilkan data User
|
|
ü
|
|
7.
|
Menampilkan Menu Password
|
ü
|
|
|
8.
|
Menampilkan Ubah Password
|
ü
|
|
|
9.
|
Menampilkan form inputan data guru
|
ü
|
|
|
10.
|
Menampilkan report data guru
|
ü
|
|
|
11.
|
Menampilkan form inputan data kelas
|
ü
|
|
|
12.
|
Menampilkan report data kelas
|
ü
|
|
|
13.
|
Menampilkan form input data mata pelajaran
|
ü
|
|
|
14.
|
Menampilkan report data mata pelajaran
|
ü
|
|
|
15.
|
Menampilkan input data agenda
kelas
|
ü
|
|
|
16.
|
Menampilkan report data agenda
kelas
|
ü
|
|
|
17.
|
Menampilkan form input kepastian hari mengajar guru
|
ü
|
|
|
18.
|
Menampilkan Report kepastian hari mengajar guru
|
ü
|
|
|
19.
|
Menampilkan Form input jadwal kegiatan belajar mengajar
|
ü
|
|
|
20.
|
Menampilkan Report jadwal kegiatan belajar mengajar
|
ü
|
|
|
21.
|
Menampillkan search engine
|
|
ü
|
|
22.
|
Manampilkan tombol simpan
|
ü
|
|
|
23.
|
Manampilkan tombol tambah
|
ü
|
|
|
24.
|
Manampilkan tombol edit/ubah
|
ü
|
|
|
25.
|
Manampilkan tombol hapus
|
ü
|
|
|
26.
|
Menampilkan inout kurikulum
|
ü
|
|
|
27.
|
Menampilkan Report Kurikulum
|
ü
|
|
|
28.
|
Menampilkan tombol cetak
|
ü
|
|
|
29.
|
Menampilkan Logo sekolah
|
ü
|
|
|
30.
|
Menampilkan Nama Sekolah
|
ü
|
|
|
31.
|
Menampilkan Judul Sistem yang berjalan
|
|
ü
|
|
32.
|
Menampilkan tampilan guru_kelas
|
|
ü
|
|
33.
|
Menampilkan Silabus yang berlaku
|
|
ü
|
|
34.
|
Menampilkan Tombol Detail
|
|
|
ü
|
Non Functional
|
|
|
|
|
|
ANALISA
KEBUTHAN
|
|||
|
Saya
ingin sistem dapat :
|
|||
1.
|
Komputer
|
ü
|
|
|
2.
|
User
|
ü
|
|
|
3.
|
Printer
|
ü
|
|
|
4.
|
Ms. Office
|
ü
|
|
|
5.
|
Scanner
|
|
ü
|
|
6.
|
Blog / Wordpress/ DAD / visual pradigm
|
|
ü
|
|
7.
|
LAN
|
ü
|
|
|
8.
|
WAN
|
ü
|
|
|
9.
|
Membutuhkan 1 menit untuk input data
|
|
ü
|
|
10.
|
Mencetak data dalam waktu 1 menit
|
|
ü
|
|
11.
|
Membutuhkan password
|
|
ü
|
|
12.
|
Membutuhkan antivirus
|
ü
|
|
|
13.
|
Report error
|
|
ü
|
|
Keterangan :
M : Mandatory (diperlukan)
D : Desirable (yang
di inginkan)
I : Inessential (yang
tidak mutlak diinginkan)
3.11 Requirement
Elicitation Tahap – III
|
T
|
O
|
E
|
|||||||
L
|
M
|
H
|
L
|
M
|
H
|
L
|
M
|
H
|
||
Functional
|
||||||||||
|
ANALISA
KEBUTUHAN
|
|||||||||
|
Saya
ingin sistem dapat :
|
|||||||||
1.
|
Menampilkan Menu Utama
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
2.
|
Menampilkan Halaman Administrator
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
3.
|
Menampilkan Halaman User
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
4
|
Menampilakan berita seputar Islam Yappida
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
5.
|
Menampilkan data Administrator
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
7.
|
Menampilkan Menu Password
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
8.
|
Menampilkan Ubah Password
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
9.
|
Menampilkan form inputan data guru
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
10.
|
Menampilkan report data guru
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
11.
|
Menampilkan form inputan data kelas
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
12.
|
Menampilkan report data kelas
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
13.
|
Menampilkan form input data mata pelajaran
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
14.
|
Menampilkan report data mata pelajaran
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
15.
|
Menampilkan form input kepastian hari mengajar guru
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
16.
|
Menampilkan Report kepastian hari mengajar guru
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
17.
|
Menampilkan Form input jadwal kegiatan belajar mengajar
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
18.
|
Menampilkan Report jadwal kegiatan belajar mengajar
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
19.
|
Menampillkan search engine
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
20.
|
Manampilkan tombol simpan
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
21.
|
Manampilkan tombol tambah
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
22.
|
Manampilkan tombol edit/ubah
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
23.
|
Manampilkan tombol hapus
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
24.
|
Menampilkan inout kurikulum
|
|
|
ü
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
25.
|
Menampilkan Report Kurikulum
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
26.
|
Menampilkan tombol cetak
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
|
ü
|
|
27.
|
Menampilkan Logo sekolah
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
28.
|
Menampilkan Nama Sekolah
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
29.
|
Menampilkan Judul Sistem yang berjalan
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
ü
|
|
|
30.
|
Menampilkan tampilan guru_kelas
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
ü
|
|
|
31.
|
Menampilkan Silabus yang berlaku
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
|
ü
|
32.
|
Menampilkan Tombol Detail
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
Non
Functional
|
||||||||||
|
ANALISA
KEBUTUHAN
|
|||||||||
|
Saya
ingin sistem dapat :
|
|||||||||
1.
|
Komputer
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
2.
|
User
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
3.
|
Printer
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
4.
|
Ms. Office
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
5.
|
Scanner
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
6.
|
Blog / Wordpress/ DAD / visual pradigm
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
7.
|
LAN
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
8.
|
Membutuhkan 1 menit untuk input data
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
9.
|
Mencetak data dalam waktu 1 menit
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
10.
|
Membutuhkan password
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
11.
|
Membutuhkan antivirus
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
12.
|
Report error
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
Keterangan
:
T : Technical
O : Operational
E : Economic
L : Low
M : Middle
H : High
3.12 Requirement
Elicitation - Final Draft
Functional
|
|
|
ANALISA
KEBUTUHAN
|
|
Saya
ingin sistem dapat :
|
1.
|
Menampilkan Menu Utama
|
2.
|
Menampilkan Halaman Administrator
|
3.
|
Menampilkan Halaman User
|
4
|
Menampilakan berita seputar Islam Yappida
|
5.
|
Menampilkan data Administrator
|
7.
|
Menampilkan Menu Password
|
8.
|
Menampilkan Ubah Password
|
9.
|
Menampilkan form inputan data guru
|
10.
|
Menampilkan report data guru
|
11.
|
Menampilkan form inputan data kelas
|
12.
|
Menampilkan report data kelas
|
13.
|
Menampilkan form input data mata pelajaran
|
14.
|
Menampilkan report data mata pelajaran
|
15.
|
Menampilkan form input kepastian hari mengajar guru
|
16.
|
Menampilkan Report kepastian hari mengajar guru
|
17.
|
Menampilkan Form input jadwal kegiatan belajar mengajar
|
18.
|
Menampilkan Report jadwal kegiatan belajar mengajar
|
19.
|
Menampillkan search engine
|
20.
|
Manampilkan tombol simpan
|
21.
|
Manampilkan tombol tambah
|
22.
|
Manampilkan tombol edit/ubah
|
23.
|
Manampilkan tombol hapus
|
24.
|
Menampilkan inout kurikulum
|
25.
|
Menampilkan Report Kurikulum
|
26.
|
Menampilkan tombol cetak
|
27.
|
Menampilkan Logo sekolah
|
28.
|
Menampilkan Nama Sekolah
|
29.
|
Menampilkan Judul Sistem yang berjalan
|
30.
|
Menampilkan tampilan guru_kelas
|
31.
|
Menampilkan Silabus yang berlaku
|
32.
|
Menampilkan Tombol Detail
|
Non
Functional
|
|
|
ANALISA
KEBUTUHAN
|
|
Saya
ingin sistem dapat :
|
1.
|
Komputer
|
2.
|
User
|
3.
|
Printer
|
4.
|
Ms. Office
|
5.
|
Scanner
|
6.
|
Blog / Wordpress/ DAD / visual pradigm
|
7.
|
LAN
|
8.
|
Membutuhkan 1 menit untuk input data
|
9.
|
Mencetak data dalam waktu 1 menit
|
10.
|
Membutuhkan password
|
11.
|
Membutuhkan antivirus
|
12
|
Report error
|
|
3.13 Implementasi
Kegiatan
Berikut merupakan skema implementasi kegiatan dalam
penyelesaian skripsi :
Tabel 4.24. Implementasi Kegiatan
4.3.6. Implementasi Kebutuhan Biaya
Sistem konfigurasi Biaya :
No
|
Kebutuhan
|
Jumlah
|
Satuan
|
Harga
|
1
|
Processor
|
1
|
Set
|
3.150.000,-
|
2
|
Monitor
|
1
|
Set
|
1.546.000,-
|
3
|
Mouse
|
1
|
Set
|
50.000,-
|
4
|
Keyboard
|
1
|
Set
|
75.000,-
|
5
|
Printer
|
1
|
Set
|
365.000,-
|
6
|
Software
|
|
|
1.000.000,-
|
Total
|
6.186.000,-
|
Tabel 4.25 Implementasi Kebutuhan Biaya
PENUTUP
Kesimpulan
Dari uraian diatas maka dapat diambil beberapa kesimpulan
sebagai berikut:
- Sistem rencana jadwal KBM yang berjalan masih belum terkomputerisasi secara utuh, aktivitas – aktivitas dilakukan masih banyak melibatkan form – form yang digunakan untuk pencatatan, peran komputer untuk menunjang kinerja sistem yang sedang berjalan hanya dijadikan sebagai alat penyimpanan data dan proses pengetikan data. Sehingga kinerja dari komputer tidak terpakai secara optimal.
- Kendala yang sering dihadapi oleh bidang kurikulum pada SMP Islam Yappida adalah seringnya terjadi penumpukan data yang sama atau redudansi pada saat pembuatan rencana jadwal kegiatan belajar mengajar dan kurangnya tenaga pengajar yang tersedia, memposisikan guru – guru agar sesuai dengan kelas yang tersedia dan materi yang ada pada kurikulum yang telah ditentukan oleh DEPDIKNAS. Sehingga dalam pembuatan jadwal kegiatan belajar mengajar tidak efektif dan efisien.
Saran
Setelah melakukan penelitian dan menulis laporan hasil penelitian,
maka penulis mencoba untuk mengemukakan beberapa saran sebagai berikut:
- Lebih meningkatkan kembali sarana, prasarana dan teknologi informasi yang ada untuk dapat mendukung sistem yang berjalan.
- Mengoptimalkan kembali sumber daya yang ada, agar sistem yang berjalan menjadi lebih efektif dan efisien di dalam hal pengolahan data.
- Melakukan sosialisasi terhadap user, admin ataupun pihak yang akan menggunakan sistem ini.
- Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk pengembangan sistem selanjutnya.
- Untuk menghindari kesalahan dan ketidak akuratan dalam menyelesaikan laporan, maka sebaiknya menyiapkan/mempekerjakan tenaga dengan latar belakang IT, sehingga segala proses mengenai pembayaran dapat diselesaikan dengan baik pula.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar