Selasa, 21 Juli 2020

BAB 1 RAGAM APLIKASI KOMUNIKASI DATA

Ragam Aplikasi Komunikasi Data


Kompetensi Dasar:
3.1 Memahami ragam aplikasi komunikasi data
4.1 Menyajikan karakteristik ragam aplikasi komunikasi data

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

A. Karakteristik Aplikasi Komunikasi Data


        Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal, sehingga dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Jika tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduannya, terdapat komunikasi alternatif yang disebut komunikasi memnggunakan bahasa non-verbal dengan gerak-gerik badan untuk menunjukan sikap tertentu. Misalnya menggelengkan kepala, tersenyum, maupun mengangkut bahu. Adapun data berasal dari bhasa latin "datum" sebagai bentuk jamak yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dengan demikian, komunikasi data identik dengan proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device(alat) seperti komputer, laptop, printer, maupun alat komunikasi lain yang terhubung dalam sebuah jaringan melalui beberapa media (perantara). Media yang dimaksud dapat berupa kabel coaxial, fiber optic, microwave, dan lain-lain secara lokal maupun yang luas (internet).


B. Definisi atau pengertian komunikasi data 


Komunikasi data adalah pertukaran data antara dua perangkat atau lebih melalui media transmisi misalnya seperti kabel. Untuk bisa terjadinya data komunikasi, perangkat harus saling berkomunikasi atau terhubung menjadi sebuah bagian dari sistem komunikasi, yang terdiri atas kombinasi dari hardware (peralatan fisik atau keras) dan perangkat software (program).

Dari berbagai definisi komunikasi yang ada, Sasa Djuarsa Sendjaja dalam bukunya Pengantar Ilmu Komunikasi mencoba menjabarkan tujuh definisi yang dapat mewakili sudut pandang dan konteks pengertian komunikasi. Definisi-definisi tersebut antara lain :
1. Komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak). Definisi ini seperti yang dikemukakan Hovland, Janis & Kelley (1953).
2. Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain. Melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain. Komunikasi ini seperti yang dikemukakan Berelson dan Stainer (1964).
3. Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? Dengan akibat apa atau hasil apa? (Who? Says what? In which channel? To whom? With what effect?). Definisi seperti yang dikemukakan Lasswell (1960).
4. Komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari yang semula dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih. Definisi ini seperti yang dikemukakan Gode (1959).
5. Komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan-kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego. Definisi ini seperti dikemukakan Barnlund (1964).
6. Komunikasi adalah suatu proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan. Definisi ini seperti yang disampaikan Ruesch (1957).
7. Komunikasi adalah seluruh prosedur melalui mana pikiran seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lainnya. Definisi ini seperti yang dikemukakan Weaver (1949) (Zubair, 2006).

Sementara Riswandi menyimpulkan beberapa karakteristik komunikasi berdasar berbagai definisi yang dikemukakan para ahli, antara lain :
1. Komunikasi adalah suatu proses, artinya komunikasi merupakan serangkaian tindakan atau peristiwa yang terjadi secara berurutan (ada tahapan atau sekuensi) serta berkaitan satu sama lainnya dalam kurun waktu tertentu.
2. Komunikasi adalah suatu upaya yang disengaja serta mempunyai tujuan. Komunikasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara sadar, disengaja, serta sesuai dengan tujuan atau keinginan dari pelakunya.
3. Komunikasi menuntut adanya partisipasi dan kerja sama dari para pelaku yang terlibat kegiatan komunikasi akan berlangsung baik apabila pihak-pihak yang berkomunikasi (dua orang atau lebih) sama-sama ikut terlibat dan sama-sama mempunyai perhatian yang sama terhadap topik pesan yang disampaikan.
4. Komunikasi bersifat simbolis karena dilakukan dengan menggunakan lambang-lambang. Lambang yang paling umum digunakan dalam komunikasi antar manusia adalah bahasaverbal dalam bentuk kata-kata, kalimat, angka-angka atau tanda-tanda lainnya.
5. Komunikasi bersifat transaksional. Komunikasi pada dasarnya menuntut dua tindakan, yaitu memberi dan menerima. Dua tindakan tersebut tentunya perlu dilakukan secara seimbang atau porsional.
6. Komunikasi menembus faktor ruang dan waktu Maksudnya bahwa para pelaku yang terlibat dalam komunikasi tidak harus hadir pada waktu serta tempat yang sama. Dengan adanya berbagai produk teknologi komunikasi seperti telepon, internet, faximili, dan lain-lain, faktor ruang dan waktu tidak lagi menjadi masalah dalam berkomunikasi. (Riswandi, 2006).

Efektivitas sistem komunikasi data tergantung pada empat karakteristik yang mendasar, yaitu pengiriman, akurasi, ketepatan waktu dan juga jitter. Atau bisa juga definisi komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data secara elektronik dari dua atau lebih alat yang terhubung kedalam sebuah network (jaringan) melalui suatu media. Supaya kamu lebih memahaminya. Karakteristik dasar komunikasi data, diantaranya sebagaimana di bawah ini:

a. Pengiriman – sistem harus mengirimkan data ke tujuannya. Lalu data harus diterima oleh perangkat yang dimaksudkan atau pemakai, dan juga hanya oleh perangkat atau pemakai.

b. Akurasi – sistem harus memberikan data, tentunya yang akurat. Data yang telah diubah dalam transmisi dan meninggalkan sumber, data yang tak di koreksi tentunya tidak dapat digunakan.

c. Ketepatan waktu/tepat waktu – sistem harus mengirimkan data pada waktu yang tepat. Terlambat dikirimkannya data maka tak akan berguna. Dalam kasus video serta audio, pengiriman waktu yang tepat berarti memberikan data seperti yang diproduksi/seperti aslinya, dalam urutan yang sama ketika dibuat dan tanpa penundaan yang signifikan. Semacam ini disebut dengan pengiriman transmisi real-time.

d. Jitter – mengacu kepada variasi waktu kedatangan paket. Yaitu keterlambatan yang tidak merata dalam pengiriman paket audio maupun video. Sebagai contohnya, kita asumsikan misalnya bahwa paket video yang dikirim setiap 3D ms. Jika dari beberapa paket datang dengan delay 3D ms dan yang lain dengan delay 4D ms, maka akan menghasilkan kualitas yang tak merata dalam video itu.

Komponen komunikasi data, sebuah sistem komunikasi data memiliki lima komponen, bisa di baca di bawah ini:

  • Pengirim –  yaitu piranti atau perangkat yang mengirimkan data.
  • Penerima –  piranti atau perangkat yang menerima data.
  • Data –  tentunya informasi yang akan dipindahkan atau di kirimkan.
  • Media pengiriman – media ataupun saluran yang dapat digunakan untuk mengirimkan data tersebut.
  • Protokol – yaitu aturan-aturan yang berfungsi untuk menyesuaikan atau menyelaraskan hubungan.

Apakah itu komunikasi data?

Fungsi dan tujuan komunikasi data, diantaranya di bawah ini:

  • Efisiensi pengiriman data dalam jumlah yang besar (tanpa kesalahan & ekonomis).
  • Memungkinkan si penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukungnya dari jauh (remote computer use).
  • Mendukung manajemen dalam hal-hal kontrol karena memungkinkan si penggunaan sistem komputer secara terpusat maupun secara tersebar.
  • Memungkinkan orang dan bisnis yang memiliki lokasi geografi berlainan dapat saling berkomunikasi.
  • Kemungkinan pengelolaan data dan juga pengaturan data yang terdapat dalam berbagai macam sistem komputer.
  • Mendapat data secara langsung dari sumbernya atau dapat memperoleh data bisnis selagi data tersebut dibuat (online).
  • Mengurangi waktu untuk pengolahan data (hemat waktu).
  • Mempercepat penyebaran informasi.

Media transmisi komunikasi data dapat digolongkan sebagaimana berikut.

Media kabel sering disebut juga guided media, yaitu media yang mengendalikan gelombang dalam jalur fisik kepada si penerima data.  Contohnya : fiber optik, UTP dan kabel coaxial. Baca juga tentang: pengertian kabel UTP.

Media tanpakabel/nirkabel (wireless), sering disebut dengan unguided media. Media tanpakabel menyediakan alat untuk mentransmisikan gelombang, akan tetapi tidak mengendalikannya. Seperti contohnya: perambatan (propagation) di udara maupun di laut. Baca juga secara lengkap tentang: pengertian wirelless.

Pada komunikasi data transmisi data terjadi pada Transmitter & Receiver. Transmitter adalah suatu perangkat komunikasi yang bisa menyalurkan sumber informasi ke dalam sistem komunikasi, sedangkan Receiver yaitu suatu perangkat yang memiliki fungsi untuk menerima sumber informasi dari sistem komunikasi. Terdapat 3 (tiga) jenis transmisi, ketiga jenis transmisi meliputi meliputi, bisa kamu baca di bawah ini:

  • Simplex adalah atau sering disebut dengan komunikasi satu arah yaitu salah satu jenis daripada transmisi, yang dimana hanya terdaoat satu transmitter dan satu Receiver, yaitu hanya terdapat satu pengirim dan juga satu penerima. Kalu yang satu sebagai pengirim, maka yang satunya lagi hanya menjadi penerima saja, tanpa adanya timbal baliknya. Data ditransmisikan hanya kesatu arah saja, satu station sebagai transmitter dan lainnya sebagai receiver. Seperti contohnya: siaran radio atau siaran TV, dll.
  • Half Duplex adalah salah suatu jenis transmisi dimana kedua stationnya sudah dapat mentransmisikan data baik menjadi transmitter maupun menjadi receiver. Tetapi transmisi ini hanya dapat menstransmisikan secara bergantian, yaitu saat station A menjadi transmitter maka station B menjadi receiver begitupun juga sebalikknya. Dapat juga dikatakan seperti ini, dalam transmisi Half Duplex hanya bisa mentransmisikan satu station pada saat bersamaan. Data ditransmisikan kedua arah secara bergantian, waktu yang dibutuhkan mengganti arah transfer data. Misal contohnya: SMS, chatting, walkie talkie dll.
  • Full Duplex adalah suatu jenis transmisi dimana kedua station sudah dapat ditransmisikan secara bersamaan. Dimana station A bisa menjadi transmitter dan receiver pada saat yang bersamaan. Data dapat ditrnsmisikan kedua arah secara bersamaan. Seperti contohnya: telepon genggam, telepon, dll.

C. Bentuk – bentuk komunikasi data, antara lain meliputi:

Offline Communication System adalah sistem pengiriman data melalui fasilitas telekomunikasi dari satu lokasi ke pusat pengolah data, akan tetapi data yang dikirim tidak langsung diproses ke Central Processing Unit atau CPU. Peralatan-peralatan yang dibutuhkan dalam sistem komunikasi offline, antara lain :

  • Terminal – suatu Inpou Output (I/O) device yang dipakai untuk mengirim data dan juga menerima data jarak jauh dengan menggunakan fasilitas telekomunikasi. Peralatan terminal ini jenisnya bermacam-macam, misalnya seperti halnya disk drive, magnetic tape unit, paper tape, dll.
  • Jalur komunikasi – fasilitas telekomunikasi yang sering dipakai, seperti : telegraf, telex, telepon dan dapat juga dengan fasilitas yang lainnya.
  • Modem – pengertian modem yaitu singkatan dari Modulator – Demodulator. Suatu alat yang mengalihkan atau menubah data dari sistem kode digital ke dalam sistem kode analog atau sebaliknya.

Online Communication System adalah pada sistem komunikasi Online ini, data yang dikirimkan melalui terminal komputer dapat langsung didapat, langsung diproses oleh komputer ketika saat kita membutuhkannya. Sistem komunikasi Online ini dapat berupa, antara lain :

  • Realtime system adalah merupakan sistem pengolahan data yang membutuhkan tingkat transaksi dengan kecepatan yang tinggi.
  • Batch processing system adalah merupakan suatu teknik pengolahan data dengan menumpuk data terlebih dahulu & diatur pengelompokan data tersebut dalam kelompok-kelompok yang disebut dengan batch.
  • Time Sharing System adalah suatu teknik pemakaian atau penggunaan online sistem, oleh beberapa pemakai.
  • Distributed Data Processing System adalah sebagai suatu sistem komputer interaktif yang terpencar secara geografis & dihubungkan dengan jalur telekomunikasi dan juga setiap komputer mampu memproses data secara mandiri serta memiliki kemampuan berhubungan dengan komputer yang lain dalam suatu sistem.
D. Macam Macam Aplikasi Komunikasi Data

No.

Nama Aplikasi

Jenis Data

Uraian karakteristik aplikasi

1.

Skype

-video+audio

-text

-audio

-data

Gunakan perangkat skype pada perangkat apapun untuk mengirim pesan, obrolan video, melakukan panggilan, atau berbagi dengan orang orang dan group yang anda sayangi

2.

Gmail

-data

-text

-gambar

Aplikasi ini diciptakan untuk saling bertukar informasi dengan mudah dan anda dapat menyimpan pesan dengan aman

3.

Whatsapp

-video

-text

-gambar

-audio

-data

Adalah aplikasi gratis untuk mengirim pesan yang tersedia untuk android dan ponsel cerdas lainya. Aplikasi ini juga di bekali dengan fitur menarik lainya seperti:

Sanps atau status, telepon, dan video call

4.

Kaskus

-foto

-video

-text

Adalah rumah bagi siapa saja untuk menemukan segala hal yang mereka butuhkan. Jutaan orang mengunakan kaskus untuk mencari informasi, pengetahuan, dan bergabung dengan komunitas baru.

5.

Google Hangouts

-foto

-video

-maps

-video call

-status

Aplikasi ini di bekali dengan pesan status, foto, video, maps, dan juga biasa melakukan video call group gratis hingga 10 kontak dan biasa terhubung dengan kontak di seluruh android, IOS, internet serta sinkronkan chat di seluruh perangkat

6.

Yahoo Messenger

-foto

-video

-maps

-video call

-status

Aplikasi ini memudahkan anda untuk menerima email dan membacanya bahkan saat anda tidak memiliki akses internet apikasi ini juga ringan dan mudah digunakan untuk menghubungkan anda ke kontak surat anda  

7.

Facebook

-video+audio

-gambar

-text

-data

Aplikasi ini dapat juga digunakan untuk mengakses sebuah kontak atau juga mengakses sebuah video dan anda dapat menontonnya, aplikasi ini di bekali dengan fitur pasang status yang bias anda gunakan untuk memajang foto atau moment terbaik anda untuk bias di tonton orang lain, aplikasi ini juga dapat di gunakan untuk melakukan sebuah chat dan mengirim sebuah foto

8.

Google Drive

-foto

-video

-file

-folder

-text

-data

Adalah tempat aman untuk semua file anda dan membuatnya mudah di jangkau dari ponsel cerdas, tablet, atau computer manapun. File dalam drive seperti video, foto, document dapat di cadangkan dengan aman hingga tidak akan hilang

9.

Google Cloud

-text

-dokument

Aplikasi ini dapat di gunakan untuk mengelola solusi yang di jalankan pada google clound plat form langsung dari ponsel atau tablet android anda.

10.

Instagram

-video+audio

-video

-gambar

Adalah cara sederhana untuk menangkap dan berbagi moment dunia. Ikuti teman dan keluarga untuk melihat apa yang mereka lakukan dan menemukan account dari seluruh dunia yang berbagai hal yang anda sukai bergabung komunitas lebih dari 1 milyar.

  

E. Jenis - jenis aplikasi komunikasi data


Aplikasi system komunikasi data adalah media yang berfungsi untuk mentrasmisikan data dari suatu komputer ke komputer lainnya.



Contoh aplikasi system komunikasi data di antaranya :

·        Surat elektronik (E-mail)


Email adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet saling berkirim pesan melaui elektronik di internet.


Cara kerja :


Menulis surat ---> E –mail client pengirim ---> SMTP e-mail server pengirim ---> ISP/Internet --->e-mail server penerima ---> E –mail client penerima --->Membaca surat




·        Bank teller terminal (ATM)


ATM (Automatic Teller Machine) merupakan singkatan bagi ajungan tunai mandiri, adalah sebuah alatel ektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang “Teller” manusia.


Cara Kerja :


Masukan ID Card keMesin ATM --->Mesin ATM membaca ID Card



·        Credit checking system


Kartu kredit adalah suatu bagian penyelesaian transaksi ritel berupa kartu yang terbuat dari plastik sebagai bentuk pengganti uang cash. Penerbit Kartu Kredit (Bank) merupakan penjamin dari tarnsaksi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual.


Cara Kerja :


Kartu kredit yng anda serahkan ke kasir akan di proses dengan cara dimasukkan kedalam mesin EDC (Elektronic Data Capture) yang telah dilengkapi pembaca chip. Kartu akan di proses secara enkripsi sebelumm melakukan verifikasi kepada penerbit kartu kredit melalui jaringan online.


Setelah prosedur verifikasi selesai, mesin EDC yang telah dilengkapi pemmbaca chip akan mengeluarkan struk bukti tramsaksi yang harus ditandatangani oleh pemegang kartu yang melakukan transaksi.




·        Hotel reservation system


Hotel Reservation System yang berarti sistem informasi reserrfasi perhotelan merupakan salah satu bentuk pelayanaan publik yang menawarkan suatu jasa dalam hal pendataan administrasi pada reserfasi perhotelan yang sangat memerlukan ketepatan mekanisme dan penataan yang terorganisis agar data dapat terkemas dan terjaga keamananya dengan baik dalam bentuk database.


·        Traffic control system


Auto Traffic Contol System (ATCS)atau sistem kendali lalulintas kendaraan adalah pengendalian lalulintas denagn menyelaraskan waktu lampu merah pada jaringan jalan raya dari sebuah kota. Pengaturan lalulintas melalui sistem ini memerlukan para meter jumlah kendaraan dan waktu tempuh kendaraan.



·        Police emergency system


Host Server yang terdiri dari modul komunikasi nirkabel,sebuah sistem,database,dan sebuah microprosesor.Host server yg menerima sinyal dari kartu maknetis dan sumber sinyal,lalu polisi emergency sistem polisi-warga menerima sinyal dari server tersebut dan menghubungkan dengan polisi.bagi polisi untuk pergi ketempat kejadian dalam waktu darurat,maka digunakan alat identifikasi kartu magnetis yang digunakan sebagai identifikasi pengguna. Ketika ada peristiwa darurat terjadi, pengguna menekan tombol darurat dan tombol konfirmasi bersamaan untuk menghasilkan sinyal dan sinyal yang akan diteruskan ke host servermelalui modul komunikasi nirkabel. Komunikasi nirkabel kemodul server menerima sinyal yang berasal dari kartu magnetis dan mengirimkan sinyal ke microprossesor. Lalu proses membandingkan data dalam database untuk menilai apakah sumber sinyal sesuai dengan data dalam database. Jika benar, maka sinyal disambungkan oleh host server ke polisi segera agar polisi bisa tiba di tempat kejadian perkara.



·        Airline seat reservation system


Adalah sistem yang dibuat untuk referensi atau pemesanan tiket maskapai penerbangan. Sistem ini dibuat untuk mempermudah calaon penumpang peawat dalam menentukan kapan jadwal penerbangan pesawat, berapa jumlah tarif yang harus dibayar, dan bahakan fitur yang ada saat ini pun bisa memesan tempat menginap di hotel apabila telah sampai pa tempat yang di tuju.


Media pemesanannya biasanya melalui website dan aplikasi mobile smartphone.




Sumber : 

1.       http://www.pengertianku.net/2014/09/definisi-atau-pengertian-komunikasi-data-lengkap.html

2.       http://www.definisi-pengertian.com/2015/08/pengertian-komunikasi-definisi-menurut-ahli.html

3.       https://ngblog-yuk.blogspot.com/2018/01/ragam-aplikasi-komunikasi-data.html

4.       https://www.google.com/search?source=hp&ei=DYUXX5H3Nczd9QOw3rLoAw&q=aplikasi+komunikasi+data&oq=aplikasi+komunikasi+data&gs_lcp=CgZwc3ktYWIQAxgAMgIIADICCAAyAggAMgYIABAWEB4yBggAEBYQHjIGCAAQFhAeMgYIABAWEB4yBggAEBYQHjIGCAAQFhAeMgYIABAWEB46DggAEOoCELQCEJoBEOUCOgUIABCxAzoICAAQsQMQgwFQ8rkEWM78BGCdswVoAXAAeACAAecBiAGhDpIBBjIxLjEuMpgBAKABAaoBB2d3cy13aXqwAQY&sclient=psy-ab

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar